Analisa Perbandingan 3 Jenis Sudu Turbin Pada PLMH Untuk Penerangan Jalan Di Dusun Penawar Laut

Muharnis Muharnis, Juhendri Sahendra, Khairudin Syah

Abstract


Energi listrik merupakan energi yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia, karena hampir di segala bidang energy ini digunakan. Pada sistem pembangkit mikrohidro dilakukan percobaan dengan menggunakan tiga jenis bentuk sudu turbin dengan poros vertical. Bentuk sudu merupakan merupakan salah satu variabel yang mempengaruhi putaran turbin terhadap keluaran nilai daya. Bentuk sudu lengkung nilai daya lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk sudu datar dan sudu mangkuk. Daya turbin maksimum terjadi pada pada sudu lengkung dengan nilai sebesar 1,5  Watt. Pada penelitian ini saat ini belum dapat menghidupkan lampu secara maximal, hal ini di sebabkan aliran sungai tidak begitu deras sehingga turbin tidak dapat berputar secara maximal. Sehingga tegangan yang di bangitkan hanya dapat dinaikkan hingga 5 Volt.


Keywords


Mikrohidro; bentuk sudu; daya turbin.

Full Text:

PDF

References


Arismunandar, W. Penggerak Mula Turbin: Edisi Ketiga. Bandung: ITB Press. 2014.

Luknanto, D. Diktat Kuliah Bangunan Tenaga Air. Yogyakarta: Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM. 2021.

Tirono, M. Pemodelan Turbin Cross-Flow Untuk Diaplikasikan Pada Sumber Air Dengan Tinggi Jatuh dan Debit Kecil. Jurnal Nutrino. 2012. 4(2): 112-120.

Arief, M., & Yani, A. Analisis Daya Dan Efisiensi Turbin Air Kinetis Akibat Perubahan Putaran Runner. Journal of Sainstek. 2016. 8(1): 1-9.

Sukamta, S., Ananta, H., & Aini, M.K. Studi Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Di Kedung Sipingit Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Edu Elektrika Journal. 2018. 7(1): 27-33.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v3i3.2275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats