Pengenalan Pose Tangan Menggunakan Leap Motion Untuk Generator Ucapan Fonem Bahasa Jawa

Eva Kurniawaty(1*), Lukman Zaman(2), Yuliana Melita Pranoto(3), Muhamad Nasir(4)

(1) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
(2) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
(3) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
(4) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa sebagai alat komunikasi antar manusia dalam masyarakat terbentuk dari fonem-fonem yang berupa bunyi-bunyi. Setiap bahasa mempunyai sistem fonem dan sistem bunyi yang berbeda. Dalam kegiatan sehari-hari masyarakat jawa banyak sekali menggunakan kata-kata yang mirip dalam komunikasi mereka, baik kata tersebut mempunyai arti atau makna yang berbeda ataupun tidak. Perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat, membuat beberapa peneliti menggunakan Leap Motion sebagai perangkat penerjemah. Pada penelitian ini, diusulkan sebuah sistem pengenalan pose tangan dengan menggunakan leap motion controller untuk generator ucapan fonem bahasa jawa. Dengan menggunakan leap motion controller, setiap titik koordinat tulang pada tangan akan terdeteksi, sehingga titik-titik koordinat tersebut dapat dijadikan sebagai fitur masukan. Penggunaan fitur jarak antara palm position dengan distal phalanges yang diukur dengan menggunakan euclidean distance. Fitur tersebut akan digunakan untuk data training dan data testing pada metode klasifikasi k-nearest neighbor. Data training yang digunakan adalah minimal 100 kelas diambil dari 20 aksara jawa dan 5 fonem vokal. Penelitian ini berhasil dengan tingkat rata- rata akurasi sebesar 97% pada fonem aksara jawa.

Keywords


Fonem, Leap Motion, Generator, Klasifikasi.

Article metrics

Abstract views : 26 | views : 4

Full Text:

PDF

References


Arifin, Sumpeno, S., Hariadi, M., dan Syarif, A.M. Membangun Sistem Text-to-Audiovisual Bahasa Indonesia Berdasarkan Database Suara Berbasis Suku Kata untuk Mendukung Pembelajaran Pelafalan Bahasa Indonesia. Innovative and Creative Information Technology Conference (ICITech). Salatiga. 2016; hal. 14-26.

Setyadi, A. “Pasangan Minimal” Fonem Dasar pembelajaran Materi Fonologi Bahasa Indonesia. Jurnal NUSA. 2018;13(4): hal. 521-532.

Dzulkarnain, I, Sumpeno, S, Christyowidiasmoro. Pengenalan Isyarat Tangan Menggunakan Leap Motion Controller untuk Pertunjukan Boneka Tangan Virtual. Jurnal Teknik ITS. 2016; 5(2): hal. 248-252.

Ridwan, Pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) Menggunakan Leap Motion Controller dan Algoritma Data Mining Naive. Jurnal INSYPRO. 2017; 2(2): 1-8.

Basuki, A., Zikky, M., Hasim, J. A. N., dan Ramadhan N. A. Sensor Gerak dengan Leap Motion untuk Membantu komunikasi Tuna Rungu/Wicara. Prosiding SENTIA. 2016; (8): hal. 317-321.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v2i2.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats