Redesain Kapal Rede Untuk Analisa Hambatan

Luh Putri Adnyani(1*), Reza Furqan Arrachman(2), Reza Furqan Arrachman(3)

(1) Institut Teknologi Kalimantan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kapal Rede adalah proyek pembangunan kapal perintis oleh pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antar pulau terutama pada daerah-daerah terpencil, terluar dan belum berkembang. Pengumpulan data dari penelitian ini mengambil tempat di PT. Daya YES Shipyard sebagai salah satu galangan yang membangun kapal Rede. Dari data didapatkan bahwa tekanan fluida pada bagian haluan lebih besar sehingga efek gelombang pada sisi kapal menjadi tinggi hingga melampaui main deck. Oleh karena itu dilakukan redesain dengan cara meperuncing bagian haluannya. Pada analisa uji hambatan kapal menggunakan bantuan Software Maxsurf Resistance dengan metode Holtrop & Van Oortmerssen. Pada percobaan dengan metode Holtrop nilai hambatan kapal Rede sesudah redesain adalah 16.335 Kn, sedangkan dengan menggunakan metode van Oortmerssen adalah 21.470 Kn, dibandingkan dengan kapal Rede sebelum redesain memiliki nilai hambatan 41.48 Kn. Jadi dengan redesain kapal Rede, hambatan dapat diturunkan sampai 50 %.


Keywords


Rede, Redesain, Hambatan

Article metrics

Abstract views : 16 | views : 5

Full Text:

PDF

References


I. Amin, “Kemenhub Resmikan Pembangunan 20 Unit Kapal Rede Rp278 Miliar,” Lamongan, 2016.

T. S. o. n. A. &. M. Engineers, Principle of Naval Architecture, Jersey City: The Society of naval Architects & Marine Engineers, 1988.

G. C. Manning, The Theory and Technique of Ship Design, New York: The Massachusets Institute of Technology and John Wiley sons, Inc, 1956.

M. G. Parsons, “Parametric Design,” dalam Ship Design and Construction , Jersey, SNAME, 2004, p. Chapter 11.

K. Rawson, Basic Ship Theory, Oxford: Butterworth Heinemann, 2001.

E. Robert Taggart, Ship Design and Construction, Jersey: SNAME, 1980.

Z. Qianga, C. Hai-Chaoa, F. Bai-Weia, L. Zu-Yuana dan Z. Cheng-Shenga, “Research on knowledge-extraction technology in optimisation of shipresistance performance,” Ocean Engineering, 2019.

Y. h. Hou, Y. j. Li dan X. Liang, “Mixed aleatory/epistemic uncertainty analysis and optimization for,” Ocean Engineering, no. 172, pp. 308-315, 2019.

B. K. Indonesia, Volume II Rules For Hull”, Rules For The Classification & Construction, Indonesia: Biro Klasifikasi Indonesia, 2014.

C.-M. Leea, J.-W. Yub, J.-E. Choib dan I. Lee, “2019,” International Journal of Naval Architecture and Ocean Engineering, vol. 11, pp. 723-735, 2019.

P. L. R. W. Y. Dongchi Yu, “Experimentally-based investigation of effects of wave interference on,” Applied Ocean Research, no. 65, pp. 142-153, 2017.

M. S. Tarafdera, M. T. Alia dan M. S. Nizamb, “Numerical prediction of wave-making resistance of pentamaran in unbounded water using a surface panel method,” dalam 5th BSME International Conference on Thermal Engineering, Bangladesh, 2013.

E. Thomas Lamb, Ship Design and Construction, Jersey: SNAME,, 2003.

D. Watson, Practical Ship Design, Amsterdam: Elsevier, 1998.

I. L. Organization, “Maritime Labour Conventions and Recommendations,” Geneva, 1994.

Bertram. dan Schneekluth, Ship Design for Efficiency and Economy, Oxford: utterworth-Heinemann,, 1998.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v9i1.903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License