STRATEGI PENANGANAN PERSIMPANGAN JALAN DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS (STUDI KASUS JALAN SOEKARNO HATTA – JALAN KAHARUDIN NASUTION KOTA PEKANBARU)

Wendra Hidayat(1*), Zulfikar Djauhari(2), Ary Sandhyavitri(3)

(1) Mahasiswa Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Riau
(2) Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Riau
(3) Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap strategi penanganan simpang berdasarkan data lalu lintas yang ada, dengan cara memproyeksikan keadaan persimpangan tersebut untuk jangka pendek, menengah dan panjang apakah derajat jenuhnya sudah melewati ambang batas DS=0,80. Jika niai DS>0,80, maka akan dikaji beberapa alternatif strategi penanganan simpang secara teknis maupun secara ekonomis  agar tingkat pelayanan simpang tersebut tetap maksimal. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode traffic counting, sedangkan untuk pengkajian alternatif penanganan simpang secara teknik menggunakan metode MKJI 1997, secara ekonomi menggunakan metode LAPI ITB, analisa nilai waktu dengan nilai waktu hasil penelitian Dirjen Bina Marga dan analisa biaya investasi dengan analisa Benefit Cost Ratio dan Net Present Value. Selain itu digunakan juga metode analisa geometrik untuk memproyeksikan jumlah Lalu lintas Harian Rerata (LHR).


Article metrics

Abstract views : 345 | views : 55

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v8i1.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License