Performa Mesin dengan Menggunakan Bahan Bakar Minyak Plastik Hasil Teknologi Pirolisis

Alfansuri Alfansuri(1*), Irwan Kurniawan(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Terdapat kebutuhan mendesak untuk mengatasi akumulasi sampah plastik. Bengkalis, suatu daerah di mana volume sampah plastik mencapai 80 meter kubik per hari. Dalam studi ini, reaktor pirolisis dirancang khusus dan dibangun untuk menangani limbah plastik jenis PP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak yang dihasilkan dari proses pirolisis ini memiliki nilai kalor bawah (LHV) sebesar 40450 kJ/kg. Meskipun LHV ini lebih rendah dibandingkan dengan nilai LHV bahan bakar premium (43966 kJ/kg), penemuan penting lainnya adalah bahwa pembakaran menggunakan minyak plastik ini jauh lebih bersih dibandingkan dengan premium. Hal ini terbukti dari ruang bakar mesin dan elektroda busi yang lebih bersih saat menggunakan minyak plastik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada bahan bakar premium, putaran mesin (n) meningkat seiring dengan peningkatan jumlah lampu. Daya (P) yang dihasilkan juga meningkat seiring dengan peningkatan jumlah lampu. Sementara itu, pada bahan bakar minyak plastik, putaran mesin relatif stabil dengan penambahan jumlah lampu. Daya yang dihasilkan juga meningkat seiring dengan peningkatan jumlah lampu. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknologi pirolisis dalam mengkonversi limbah plastik menjadi minyak menunjukkan potensi yang baik. Meskipun bahan bakar minyak plastik memiliki putaran mesin yang sedikit lebih tinggi daripada premium, namun minyak plastik mampu menghasilkan daya yang sama atau lebih tinggi dengan torsi yang lebih besar. Hal ini menunjukkan efisiensi pembakaran yang lebih tinggi dan potensi sebagai alternatif bahan bakar yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, teknologi pirolisis dapat menjadi solusi efektif dalam pengelolaan limbah plastik dan memberikan alternatif sumber energi baru di tengah kelangkaan bahan bakar minyak.


Keywords


sampah plastik; pirolisis; energi baru

Article metrics

Abstract views : 132 | views : 21

Full Text:

PDF

References


Rafli R, Fajri HB, Jamaludhin A, Azizi M, Riswanto H, Syamsiro M. Penerapan teknologi pirolisis untuk konversi limbah plastik menjadi bahan bakar minyak di Kabupaten Bantul. Jurnal Mekanika dan Sistem Termal. 2017 Apr 30;2(1):1-5.

Wedayani NM. Studi pengelolaan sampah plastik di pantai kuta sebagai bahan bakar minyak. Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan. 2018 Sep;15(2):122.

Mahmudah M, Ulum MN, Ulum MN, Suswati S. Penerapan Teknik Pirolisis dalam Mengatasi Pencemarahan Sampah Plastik di Desa Mlokorejo. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 Nov 22;2(2):83-92.

Wahyudi J, Prayitno HT, Astuti AD. Pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan baku pembuatan bahan bakar alternatif. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK. 2018 May 7;14(1):58-67.

Yusniar M, Kaseside M, Loklomin SB, Lesnussa TP, Samalukang YM, Dalengkade MN. Prototipe Penerapan Teknologi Tepat Guna Pengolahan Limbah Plastik Berbasis Sistem Pirolisis. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2020 Dec 26;3(2):319-27.

Sembiring Z, Nurhasanah N, Rinawati R, Simanjuntak W. Implementasi Green Chemistry Menggunakan Teknologi Pirolisis Untuk Pengolahan Limbah Plastik Di Kelurahan Way Urang Kalianda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN. 2022 Mar 31;3(1):77-86.

Nindita V. Studi Berbagai Metode Pembuatan Bbm Dari Sampah Plastik Jenis Ldpe Dan Pvc Dengan Metode Thermal & Catalytic Cracking (Ni-Cr/Zeolit). Teknis. 2016 Nov 11;10(3).

Cahyono MS, Liestiono MR, Widodo C. Proses pirolisis sampah plastik dalam rotary drum reactor dengan variasi laju kenaikan suhu. InProsiding Seminar Nasional Teknoka 2019 (Vol. 3, No. 2502, p. 63).

Wardhana PB. Diseminasi Teknologi Pirolisis Sampah Plastik di Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT. 2022 Oct 13;5(3):371-7.

Amany MD. Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak dengan Proses Pirolisis. Prosiding Sains dan Teknologi. 2023 Feb 27;2(1):501-5.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v13i1.3250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License