Analisis Pengaruh Ketinggian Transom Terhadap Thrust Propeller Menggunakan Metode CFD

Abdul Gafur(1*), Edi Haryono(2), Iqbal Barlianta(3), Leli Pramesti(4), Erdimas Endro Witjonarko(5)

(1) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
(2) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
(3) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
(4) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
(5) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Smart Autopilot Unmanned Ship (SAUS) merupakan kapal penelitian ikan yang belum dipasang mesin tempel sebagai penggeraknya. Perhitungan hambatan kapal dilakukan untuk memilih mesin tempel yang optimal. Hasil perhitungan tahanan didapatkan nilai  sebesar 0,5 kN dengan menggunakan software Maxsurf Resistance. Mesin tempel yang dipilih adalah Yamaha F20 CMH. Pada penelitian ini gaya dorong propeller pada kapal SAUS dianalisa dengan 3 variasi yaitu ketinggian transom (sesuai desain 0,6 meter, 0,573 meter, dan 0,548 meter). Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Hasil akhir dari penelitian ini adalah variasi tinggi 0,548 meter merupakan variasi maksimum. Gaya dorong yang dihasilkan sebesar 806,227 N dan torsi propeler sebesar 143,152 Nm dan kecepatan aliran fluida yang dihasilkan oleh putaran propeler sebesar 4,63113 m/s.


Keywords


Mesin tempel, Computational Fluid Dynamic, Velocity, Thrust, Torque

Article metrics

Abstract views : 124 | views : 9

Full Text:

PDF

References


Honda motor, A. (2005). Buku Pedoman Pemilik Honda.

Oh, J., Cho, S., & Ham, B. (2017). Structural design of transom pod for outboard motor in polyethylene boat. Journal of Mechanical Science and Technology, 31(12), 5761–5767. https://doi.org/10.1007/s12206-017-1118-9

Sarwoko, S., & Santoso, B. (2019). Computational Tahanan Kapal Untuk Menentukan Daya Mesin Utama Kapal Ikan 5 GT. Jurnal Rekayasa Mesin, 14(1), 23. https://doi.org/10.32497/rm.v14i1.1450

Sukresno, B., & Kusuma, D. W. (2021). Pengembangan Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan. JFMR-Journal of Fisheries and Marine Research, 5(2). https://doi.org/10.21776/ub.jfmr.2021.005.02.25

Wibowo, G. P., Chrismianto, D., Perkapalan, D. T., & Diponegoro, U. (2017). Analisa Nilai Thrust Optimum Propeler B4-70, Ka4-70 Dan Au4-59 Pada Kapal Tugboat Pelabuhan Paket-Ii 2X1850Hp Dengan Variasi Sudut Rake Menggunakan Cfd. Jurnal Teknik Perkapalan, 5(1), 27–37.

Roziqin, 2021. “Analisa Pengaruh Kemiringan Poros Propeller Terhadap Thrust Pada Kapal Ikan 1 GT”. Tugas Akhir. Surabaya. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Teknik Permesinan Kapal




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v13i1.3208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License