Kajian Eksperimental Pebandingan B20 Multi Feedstock Biodiesel Terhadap Unjuk Kerja Two Stroke Marine Diesel Engine Pada Beban Simulasi Balast Load

Edi Haryono(1*)

(1) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Seiring dengan pesatnya perkembangan sarana transportasi dan aktivitas industri di Indonesia dari tahun ke tahun menyebabkan kebutuhan bahan bakar semakin meningkat. Salah satu sarana transportasi yang kian berkembang adalah sektor perkapalan, dimana perkapalan termasuk dalam moda transportasi laut. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sebagian besar kapal menggunakan motor diesel berbahan bakar utama solar. Solar merupakan minyak bumi yang persediaannya semakin menipis seiring dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar. Biodiesel merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dapat diperbaharui ketersediannya. Biodiesel merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan, yang dapat dipakai sebagai bahan bakar kendaraan bermotor diantaranya digunakan pada semua jenis motor diesel, khususnya pada motor diesel kapal. Keunggulan dari biodiesel adalah bersifat biodegradable, tidak beracun, dan memiliki emisi yang lebih sedikit daripada dari minyak diesel yang berbasis minyak bumi ketika dibakar. Biodiesel terbuat dari minyak nabati yang berasal dari sumber daya yang dapat diperbaharui. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan multi feedstock biodiesel dengan bahan dasar multi feedstock 1(minyak kelapa sawit, minyak kemiri, dan minyak jagung), multi feedstock 2(minyak kelapa sawit, minyak zaitun dan minyak canola) dan multi feedstock 3(minyak kelapa sawit, minyak kelapa dan minyak jelantah) yang akan dicampurkan dengan minyak diesel (solar) sehingga menjadi bahan bakar B20 multi feedstock. Bahan bakar variasi B20 multi feedstock tersebut diuji cobakan ke motor diesel marine two-stroke untuk mendapatkan data unjuk kerja. Hasil uji karateristik bahan bakar nilai kalori paling tinggi B20 Multi Feedstock 2, nilai viskositas paling rendah B20 Multi Feedstock 2, nilai flash point paling rendah B20 Multi Feedstock 2 dan nilai cetane number paling tinggi  B20 Multi Feedstock 3. Dari hasil uji karateristik bisa diambil kesimpulan yang mempunyai karateristik bahan bakar yang baik adalah B20 Multi Feedstock 2. Hasil analisa unjuk kerja yang paling optimum dari ketiga bahan bakar B20 Multi Feedstock 1, 2 dan 3 baik ditinjau dari daya motor, torsi motor dan Brake Specific Fuel Consumption(BSFC) adalah B20 Multi Feedstock 1. Melihat fenomena hasil uji karateristik dan uji unjuk kerja,  peneliti mengambil kesimpulan bahwa uji karateristik bahan bakar tidak sebatas hanya item nilai kalori, viskositas, flash point dan cetane number. Idealnya hasil uji karateristik bahan bakar dan hasil uji analisa unjuk kerja menghasilkan rekomendasi komposisi bahan bakar yang sama


Keywords


B20 Multi Feedstock 1, B20 Multi Feedstock 2, B20 Multi Feedstock 3, Karateristik Bahan Bakar, Unjuk Kerja, Motor Diesel.

Article metrics

Abstract views : 130 | views : 18

Full Text:

PDF

References


Mariel E.Flood, Mary P.Connolly, Michael C.Comiskey, Amber M.Hupp “Evaluation of single and multi-feedstock biodiesel – diesel blends using GCMS and chemometric methods” Fuel Elsevier Volume 186, 15 December 2016, Pages 58-67.

Mohammad Anwar. “Biodiesel feedstocks selection strategies based on economic, technical, and sustainable aspects.“. Fuel Elsevier Volume 283, 1 January 2021, 119204.

Kidakarn Nookwama, Benjamas Cheirsilpa, Wageeporn Maneechotea, Piyarat Boonsawanga , Chontisa Sukkasemb. “Microbial fuel cells with Photosynthetic-Cathodic chamber in vertical cascade for integrated Bioelectricity, biodiesel feedstock production and wastewater treatment”. Bioresource Technology Volume 346, February 2022, 126559..

Haryono, E., Dimas, R., Witjonarko, E., Teknik, J., Kapal, P., Negeri, P., Kampus, S., & Surabaya, S. (2017). ANALISA UNJUK KERJA MESIN DIESEL KAPAL DUA LANGKAH(TWO STROKE MARINE DIESEL ENGINE)BERBAHAN BAKAR CAMPURAN MINYAK SOLAR(HSD) DAN BIODIESEL MINYAK JELANTAH PADA BEBAN SIMULATOR FULL LOAD...

Purwanto, A., Zuhdi, A., Fathallah, M., & Perikanan Bitung, A. (2014). “Pengaruh Multi Feedstock Biodiesel terhadap Kerja Motor Diesel”. In Seminar Nasional Pascasarjana XIV-ITS...

Haris Sochibul Kirom, M., Shah, M., Haryono, E., “ANALISA UNJUK KERJA TWO STROKE MARINE DIESEL ENGINE BERBAHAN BAKAR CAMPURAN MINYAK SOLAR DAN BIODIESEL MINYAK KELAPA PADA BEBAN SIMULATOR FULL LOAD”. Proceeding 3 rd Conference on Marine Engineering and Its Application Program Studi D4 Teknik Permesinan Kapal-Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. (2020).




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v12i2.2946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License