PENERAPAN MODEL KAPAL KATAMARAN TIPE ASIMETRI UNTUK KAPAL NELAYAN 3GT DI PULAU BENGKALIS

Muhammad Helmi(1*), Nurussalamun Nurussalamun(2), Nurussalamun Nurussalamun(3), Siswandi B Siswandi B(4), Siswandi B Siswandi B(5)

(1) Dosen Teknik Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis, Indonesia
(2) 
(3) 
(4) Politeknik Negeri Bengkalis
(5) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Kapal nelayan merupakan salah satu penentu sumber pendapatan yang dimiliki oleh masyarakat nelayan di Pulau Bengkalis maka, memerlukan sentuhan inovasi yang lebih baik. Inovasi yang penulis rencanakan adalah modifikasi lambung kapal nelayan 3GT menjadi lambung kapal katamaran dengan tipe Asimetris bentuk lambung kapal lurus dalam. Adanya perubahan bentuk lambung kapal ini akan berdampak pada pengurangan operasional kapal nelayan di sebabkan adanya penurunan besar mesin kapal dan berdasarkan kelebihan kapal katamaran kapal lebih nyaman. Untuk hasil analisa perbandingan antara kapal nelayan 3GT dengan kapal katamaran tipe simetris bentuk lambung kapal lurus dalam lebih memiliki tahanan total kapal lebih keci dibandingkan kapal nelayan 3GT monohull, sehingga performa kapal yang lebih baik.

Kata kunci : kapal katamaran, monohull, Asimetris, tahanan total, mesin induk


Keywords


kapal katamaran, monohull, Asimetris, tahanan total, mesin induk

Article metrics

Abstract views : 24 | views : 1

Full Text:

PDF

References


Effendy, J. 2006, Analisa Teknis Perencanaan Kapal Cepat Dengan BentukHull Katamaran. ITS Surabaya.

Indarwati, Tri, Ragil, 2012, Analisa Hambatan Total Kapal Katamaran Dengan Konfigurasi Jarak Lambung Secara Melintang (S/L)”. Universitas Indonesia.

Insel, M dan Molland, A.F (1991), An Investigation into the

Resistance Componensts of High Speed Displacement Catamarans, Trans RINA Vol. 134

ITTC (1957), Resistance Commetee, Final Report and Recommendations to the 22nd.ITTC.

Jamaluddin, A, U, I.K.A.P & Hamdani, M. Arif. 2010, Kajian Interferensi Koefisien Hambatan Pada Lambung Kapal Katamaran Melalui Komputasi Slenderbody Method”. Majalah Ilmiah Pengkajian Industri. Deputi Teknologi Industri Rancang Bangun & Rekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.Jakarta.

Jamaluddin, A, 2012. Kajian Eksperimen dan Numerik Interferinsi Hambatan Viscos dan Gelombang Pada Lambung Kapal Katamaran. Desertasi Program studi Teknik Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan ITS. Surabaya

Lewis, Edward V. 1988. Principal of Naval Architecture Second

Revision Volume I Stability and Strength. Jersey City, NJ: The

Society of Naval Architects and Marine Engineers.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v12i2.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License