CALCULATION HAMBATAN KAPAL IKAN TIPE U DAN TIPE HARD CHINE BOTTOM DENGAN SKEG UNTUK NELAYAN TRADISIONAL

Muhammad Sidik Purwoko, Nurhasanah Nurhasanah, Septi Ayu Angrayni

Abstract


Abstrak

Kapal ikan digunakan dalam penangkapan atau pengumpulan sumber daya perairan. Sebagai sarana produksi, kapal ikan harus memenuhi syarat kelayakan, yang diantaranya adalah memiliki hambatan gerak yang minimum, sehingga bentuk geometri pada lambung kapal dibawah garis air sangat banyak berpengaruh pada berbagai aspek. Salah satu dari pengaruh dari bentuk geometri lambung kapal adalah perilaku gerak kapal dan hambatan yang terjadi pada kapal. Perilaku gerak kapal dan hambatan inilah yang mempunyai dampak terhadap performa kapal.

 


Keywords


kapal ikan, tipe lambung kapal, hambatan kapal

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adhan Fathoni, Dkk“Studi Eksperimental Tahanan dan Momen Melintang Kapal Trimaran Terhadap Variasi Posisi Dan Lebar Sidehullâ€. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1, No. 1(Sept. 2012) ISSN: 2301-9271. Surabaya

Adin sugiarto, 2010 https://cyberships.wordpress.com/naval-architecture/ship-design

program/maxsurf/ Dilihat maret.2019

Ali, B (2004). Roll Damping characteristic of Fishing Boats with and without Drift motion. Department of Marine System Engineering Graduate School of Engineering, .Osaka : Osaka Prefecture University

Bambang, T.(2005). Kajian Teknis Penambahan Skeg pada Kapal Patroli Tipe 36 m dengan Metode CFD. Surabaya : Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, FTK, ITS.

Holtrop, J. & Mennen, G.G., 1982. An Approximate Power Prediction Method. International Shipbuilding Progress, 29(July), pp.166–170.

Insel, M dan Molland, A F (1992), An Investigation into the Resistance Components of High Speed Displacement Catamarans, Transactions of the Royal Institution of Naval Architects (RINA), Vol. 134.

MAXSURF Resistance Program & User Manual Bentley Systems, Incorporated. All rights reserved. Copyright © 2017

Nam K. I. (2015). The influence of skegs on course stability of a barge with a different configuration. Mokpo: Division of Marine Transportation System, Mokpo

Maritime University, Jeonnam 530 729, Republic of Korea

Sutiyo (2014). Studi Pengaruh Interferensi terhadap Hambatan pada Kapal Katamaran Simetri melalui CFD (Computational Fluid Dynamics). Surabaya : Jurusan Teknik Perkapalan, FTK, ITS.

Yarrarapu, S. K. (2015). Significance of Skeg in Course Stability using Computational Fluid Dynamics. Visakhapatnam : Andhra University College of Engineering.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v12i1.2502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License