Analisis Kekuatan Memanjang Akibat Perubahan Panjang pada Kapal Feri Ro-Ro 687 GT

Amalia Ika Wulandari(1*), Alamsyah Alamsyah(2), Ayuna Noor aini(3)

(1) Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Kekuatan struktur konstruksi merupakan salah satu aspek teknis yang turut mempengaruhi tingkat keamanan kapal. Secara teoritis, penambahan panjang pada kapal akan berpengaruh pada kekuatan memanjang kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui analisa kekuatan memanjang kapal feri ro-ro 687 GT menggunakan aplikasi berbasis finite element method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-linier finite element method (NLFEA). Hasil yang didapatkan pada kondisi hogging yakni tegangan di deck senilai 60.95 N/mm2 dan di bottom senilai -68.71 N/mm2. Sedangkan pada kondisi sagging menghasilkan tegangan di deck senilai 43.81 N/mm2 dan di bottom senilai -47.34 N/mm2. Untuk momen ultimate pada kondisi hogging yakni bernilai 1.49 x 1012 Nmm dan momen total bernilai 0.16 x 1012 Nmm. Sedangkan pada kondisi sagging, momen ultimate bernilai -1.42 x 1012 Nmm dan momen total bernilai -0.15 x 1012 Nmm. Kekuatan memanjang akibat perubahan panjang pada kapal memenuhi persyaratan Rules BKI dengan faktor keamanan diatas 1.1 untuk kondisi sagging dan 1.21 untuk kondisi hogging.

 

Kata kunci : Kekuatan Memanjang, Momen Curvature, Ro-Ro


Keywords


Kekuatan Memanjang, Momen Curvature, Ro-Ro

Article metrics

Abstract views : 70 | views : 7

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v11i2.2170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License