PENGARUH PENAMBAHAN FIN PADA LAMBUNG KAPAL IKAN TRADISIONAL

Budhi Santoso(1*), Romadhoni Romadhoni(2), M Ikhsan M Ikhsan(3)

(1) Program Studi Teknik Perkapalan, Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Program Studi Teknik Perkapalan, Politeknik Negeri Bengkalis
(3) Program Studi Teknik Perkapalan, Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Berbagai cara ditempuh untuk mendapatkan hasil yang mendekati niai yang sempurna. Kapal nelayan saat ini menjadi pusat perhartian bagi ilmuan untuk dicari celah dalam upaya peningkatan dan kemajuan. salah satu upaya peningkatan teknologi pada kapal nelayan 3 GT dengan penambahan fin pada kedua lambung kapal. Akibat penambahan konstruksi fin dicari dampak terhadap performa kapal secara keseluruhan. Menggunakan metode numerik dibantu dengan perangkat lunak menghasilkan perbandingan tahanan gelombang pada kecepatan maksimum 6%. Tahanan viscos pada kecepatan maksimum sebesar 0,03%. Sehingga  nilai perbandingan nilai tahanan total kapal dengan menggunakan fin dan kapal tidak menggunakan fin di saat kecepatan maksimum kapal 10 knot bernilai 5,50 % kN. Power mesin kapal menjadi naik sebesar 46,98 HP yang sebelumnya 44,53 HP.

 

Kata kunci - Power engine, Tahanan, Wave, Viscos, Fin


Article metrics

Abstract views : 289 | views : 72

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v7i2.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License