PRELIMINARY DESIGN KEMUDI KAPAL LCT 200 GT
(1) Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam 2Akademi Perikanan Bitung
(2) Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam 2Akademi Perikanan Bitung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Kapal pada kondisi operasionalnya dituntut untuk bergerak cepat dan mampu untuk maneuver dengan lihai. Sistem kemudi adalah salah satu di antara alat mekanis yang dipakai untuk menentukan kemampuan maneuver kapal dan mengarahkan kapal ke lokasi atau tujuan tertentu. Beberapa hal yang mempengaruhi kelincahan maneuver kapal pada permukaan air adalah bentuk lambung serta kesesuaian daun kemudi dengan bentuk lambungnya. Daun kemudi yang tidak sesuai untuk ukuran kapal tertentu memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kapal tersebut pada saat berlayar. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan kemudi yang optimal sesuai dengan bentuk lambung kapal LCT 200 GT sehingga mampu mendukung performa operasi kapal. Pendekatan perancangan model dibagi menjadi tiga tahapan proses, yaitu: concept design, initial design dan detailed design.
Kata kunci: Kapal LCT, desain kemudi, Manuvering, Preliminary Design,Steering System
DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v7i1.154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 INOVTEK POLBENG
This Journal has been listed and indexed in :
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License