RANCANG BANGUN KOPLING MAGNET PADA POMPA POWER STEERING SUZUKI VITARA

Kholis Nur Faizin(1*)

(1) Jurusan Teknik, Politeknik Negeri Madiun Program Studi Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi dunia otomotif yang cukup cepat. Banyak fitur – fitur baru yang di berikan untuk memudahkan para konsumen dalam mengendarai sebuah kendaraan. Penambahan fitur – fitur keselamatan dan yang lain, jelas untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendaranya. Seperti contoh fitur keselamatan yaitu Airbag , fitur pendingin ruangan atau A/C, dan adanya fitur kenyamanan, suspensi, sistem pengereman, power steering,dll. Power steering sekarang menjadi fitur wajib di dalam kendaraan, namun tipe power steering yang digunakan pada kendaraan terbaru berbeda dengan kendaraan yang lama. Belakangan ini kendaraan baru sudah menggeser power steering tipe hidrolik dengan tipe elektrik. Hal ini dilakukan karena power steering tipe ini mempunyai banyak kelebihan jika di banding dengan tipe hidrolik. Seperti dari perawatan yang lebih mudah, kestabilan kendaraan, dan efisiensi bahan bakar.

                Power steering tipe hidrolik dimodifikasi agar bisa seperti power steering tipe elektrik dengan mengambil konsep yang sama. Perubahan ini dilakukan dengan jalan menambahkan kopling magnet pada pompa power steering. Hal ini dilakukan agar power steering tipe hidrolik bisa di non fungsikan saat di kecepatan tinggi dan kendaraan menjadi lebih efisien bahan bakar.

                Dari hasil pengujian kopling yang di rancang tidak terjadi slip. Untuk efisiensi bahan bakar kendaraan standart dengan ½ liter bahan bakar dapat menempuh jarak 10,4 km dan kendaraan yang sudah di modifikasi dengan bahan bakan ½ liter dapat menempuh jarak 11,4 km, lebih efisien 9,6%. Dan kendaraan lebih stabil dari sebelumnya.

Keyword :Sistem power steering, sensor kecepatan, kopling magnet.


Article metrics

Abstract views : 112 | views : 50

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v7i1.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License