Desain Electric Starting System untuk Kapal Slerek di Kawasan Camplong Kabupaten Sampang Pulau Madura

Arief Syarifuddin(1*), Ika Wahyu Novianti(2), Akhmad Maulidi(3), Erdina Arianti(4)

(1) Politeknik Negeri Madura
(2) Politeknik Negeri Madura
(3) Politeknik Negeri Madura
(4) Balai Teknologi Hidrodinamika
(*) Corresponding Author

Abstract


Nelayan di pulau Madura hampir semuanya menggunakan kapal slerek dengan penggerak utamanya adalah motor diesel. Motor diesel yang digunakan untuk kapal slerek di wilayah Madura, khususnya Camplong, kebanyakan masih menggunakan sistem starting konvensional atau mekanik, yang berisiko cidera terhadap operatornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonversi sistem starting konvensional menjadi sistem starting elektrik, dengan demikian dapat meminimalisir risiko cidera yang dialami oleh operator. Desain sistem starting elektrik didasarkan kepada banyak literatur dan regulasi, sehingga menghasilkan desain yang optimal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah motor starter dengan daya sebesar 0.8 kW dan tegangan 12 V, roda gigi dengan tipe ring gear yang memiliki gigi sebanyak 115 gigi dan diameter dalam 340 mm, pulley dengan lebar 60 mm dan diameter 94.50 mm, v-belt dengan panjang nominal 813 mm, bahan adaptor berupa baja St 33 dengan panjang adaptor sebesar 220 mm dan lebar 150 mm, baterai dengan kuat arus 70 A dan tegangan 12 V, serta alternator dengan kuat arus 75 A dan output tegangan 13.2 V. Selain itu, hasil dari design peletakan electric starting system adalah gambar rencana umum dan engine room lay out  pada Kapal Ikan “Rajawali” dengan ketentuan main engine akan diletakkan di bagian main deck.

Keywords


elektrik, starting, kapal, slerek, Madura

Article metrics

Abstract views : 165 | views : 7

Full Text:

PDF

References


F. Purwangka, H. A. Mubarok, and Furqan, “Komposisi Ikan Hasil Tangkapan Menggunakan Cantrang di Selat Madura,” ALBACORE, vol. 2, no. 2, pp. 239–252, 2018.

BPS Kabupaten Sampang, “Kabupaten Sampang dalam Angka,” Badan Pusat Statistik Kabupaten Sampang, 2018. https://sampangkab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZDljOWRiOGJiZmUzZDgxYTUyYjM3NWJk&xzmn=aHR0cHM6Ly9zYW1wYW5na2FiLmJwcy5nby5pZC9wdWJsaWNhdGlvbi8yMDE4LzA4LzE2L2Q5YzlkYjhiYmZlM2Q4MWE1MmIzNzViZC9rYWJ1cGF0ZW4tc2FtcGFuZy1kYWxhbS1hbmdrYS0yMDE4Lmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMC0wNS0yNyAxMTo1MTowOQ%3D%3D (accessed Mar. 10, 2020).

A. K. Samlawi, “Motor Bakar (Teori Dasar Motor Diesel),” Universitas Lambung Mangkurat, 2018. https://mesin.ulm.ac.id/assets/dist/bahan/Motor_Diesel_Full_compressed.pdf (accessed Mar. 10, 2020).

A. R. Ghazali, “Rancang Bangun Sistem Starter Elektrik pada Mesin Honda GX35 pada Mobil Hemat Energi (Prototype Gasoline),” Politeknik Negeri Madura, 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, “Kelistrikan Alat Berat Motor Stater,” 2013. https://www.myedisi.com/bse/33602/kelistrikan-alat-berat-motor-stater (accessed Mar. 10, 2020).

S. Hantoro and Tiwan, “Desain Profil Gigi Roda Gigi Lurus dengan Sistem Koordinat,” Teknoin, vol. 11, no. 1, pp. 13–24, 2006.

M. M. L, “Mekanika Teknik dan Elemen Mesin 2,” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015. https://sumberbelajar.seamolec.org/Media/Dokumen/597425f33f6dc50f3561554e/b8ebc49069c4cd0888dbdd824d36d3a9.pdf (accessed Mar. 10, 2020).

M. Al Amin and R. Asnawi, “Sepeda Statis sebagai Pembangkit Energi Listrik Alternatif dengan Pemanfaatan Alternator Bekas,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 5, pp. 119–128, 2017.

BKI, Peraturan Klasifikasi dan Konstruksi Bagian 1 Kapal Samudra. Volume III Peraturan Instalasi Permesinan. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia, 2016.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v10i1.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License