Analisa Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Diesel Like Fuel dan Minyak Solar Terhadap Unjuk Kerja Multi Swirl Combustion System (MSCS) Piston Chamber pada Small Marine Diesel Engine

edi haryono(1*)

(1) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Produksi minyak dunia diperkirakan telah mencapai puncaknya pada tahun 2000, ini berarti bahwa eksplorasi minyak bumi sudah maksimal dan selanjutnya akan mengalami penurunan. Ini akan menyebabkan dalam kurun waktu 20 tahun produksi minyak dunia akan kembali seperti pada tahun 1980-an(OPEC ,2009). Di lain pihak ketergantungan terhadap minyak bumi pada waktu yang sama akan terus meningkat akibat pertambahan penduduk dan kegiatan industri dan pembangunan. Akibat dari hal ini adalah harga energi yang semakin tinggi dan pasokan minyak yang menurun. Hal ini dapat dirasakan dari naiknya harga minyak mentah dan dicabutnya subsidi harga bahan bakar minyak oleh pemerintah Indonesia. Pada penelitian ini peneliti tertarik pada minyak solar dari oli bekas(Diesel – Like Fuel) di gunakan sebagai bahan bakar pada motor diesel dengan menggunakan Multi Swirl Combustion System (MSCS) Piston Chamber. Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui unjuk kerja dari motor diesel Multi Swirl Combustion System (MSCS) Piston Chamber saat menggunakan bahan bakar solar dari daur ulang minyak pelumas bekas(Diesel – Like Fuel) dan minyak solar(Pertamina Dex) sebagai pembanding. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode eksperimental. Pengujian dilakukan dengan melakukan eksperimen pada variasi bahan bakar. Lalu akan dilakukan pengamatan terhadap unjuk kerja dari motor diesel yang digunakan untuk melakukan penelitian ini. Parameter unjuk kerja yang akan diamati adalah daya motordan BSFC. Dari hasil analisa terhadap daya motor diesel PE(Watt) penggunaan MSCS Piston Chamber pada beban 1000 Watt, 1500 Watt, dan 2000 Watt, nilai PE(Watt) pertamina dex lebih tinggi dari Diesel – Like Fuel/DLF sebesar rata – rata 9,86 %, 10,09 %, dan 10,32 %. Dari hasil analisa terhadap BSFC penggunaan MSCS Piston Chamber pada beban 1000 Watt, 1500 Watt, dan 2000 Watt, BSFC pertamina dex lebih rendah dari Diesel – Like Fuel/DLF sebesar rata – rata 6,36 %, 8,98 % dan 13,26 %. Dapat ditarik kesimpulan berdasarkan BSFC dan daya motor(PE) penggunaan bahan bakar minyak solar(Pertamina Dex) lebih ekonomis dibandingkan dengan minyak solar dari oli bekas(Diesel – Like Fuel)

Keywords


Diesel – Like Fuel, MSCS Piston Chamber, Daya Motor, BSFC, motor diesel

Article metrics

Abstract views : 10 | views : 3

Full Text:

PDF

References


Xiangli Wang, Peiyong Ni “Combustion and emission characteristics of diesel engine fueled with diesel-like fuel from waste lubrication oil” Energy Conversion and Management Elsevier 133 (2017) 275–283.

Arpa O, Yumrutas R, Demirbas A. Production of diesel-like fuel from waste engine oil by pyrolitic distillation. Appl Energy 2010;87:122–7.

Wei SL, Wang FH, Leng XY, et al. Numerical analysis on the effect of swirl ratios on swirl chamber combustion system of DI diesel engines. Energy Convers Manage 2013;75:184–90.

Rong Wei, Xiangrong Li, Guodong Zhang, et al. A new double swirls combustion system for DI diesel engine. SAE Paper, 2000-01-2915; 2000.

Adesodun JK, Mbagwu JSC. Distribution of heavy metals and hydrocarbon contents in an alfisol contaminated with waste-lubricating oil amended with organic wastes. Bioresource Technol 2008;99:3195–204..

Abioye OP, Agamuthu P, Aziz ARA. Phytotreatment of soil contaminated with used lubricating oil using Hibiscus cannabinus. Biodegradation 2012;23:277–86..

Li, Xiangrong; Qiao, Zhenyang; Su, Liwang; Li; Xiaolun; Liu, F. (2016). The combustion and emission characteristics of a multi-swirl combustion system in a DI diesel engine. Applied Thermal Engineering, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.applthermaleng.2016.10.028.

Arpa O, Yumrutas R, Argunhan Z. Experimental investigation of the effects of diesel-like fuel obtained from waste lubrication oil on engine performance and exhaust emission. Fuel Process Technol 2010;91:1241–9.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v9i2.1176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License