ANALISIS PERMODALAN PEDAGANG PASAR SYARIAH

Idel Waldelmi(1*), Afvan Aquino(2), Nofrizal Nofrizal(3)

(1) Universitas Lancang Kuning
(2) Universitas Lancang Kuning
(3) Universitas Lancang Kuning
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini didasari sumber permodalan pedagang pasar syariah ulul albab yang melakukan aktifitas bisnis atau jual beli di desa tanah merah kecamatan siak hulu kebupaten Kampar riau. Berdasarkan hasil temuan dan data dilapangan memberikan informasi bahwasannya sumber permodalan pedagang pasar syariah ulul albab berasal dari modal pribadi, distributor, perbankan konvensional, perbankan syariah, jula –jula tembak/rentenir/pemodal, koperasi, sesama pedagang dan pelanggan. Dimana modal sumber permodalan tertinggi yang di gunakan pedagang dalam menjalankan usahanya yakni modal pribadi dan distributor yang mencapai kisaran 31,94% ini artinya pedagang sangat selain mengandal modal secara pribadi nanum juga sangat terbantu oleh adanya distributor dan modal berikutnya diikuti sumber permodal secara pribadi yang mencapai kisaran 19,44%, hal ini berarti masih ada pedagang yang tidak menggandalkan modal usahanya dari luar seprti distributor, koperasi, lembaga keuangan lainnya atau lebih kepada pedagang yang membeli barang dagangannya secara tunai/cast dan yang terendah dalam mendapatkan sumber permodalan yakni dari sesama pedagang, pelanggan pedagang itu sendiri yakni 1,39% serta ini juga menjadi bukti bahwa pedagang dipasar syariah masih ada sebagian besar pedagang yang melakukan kerjasama dalam mendapatkan modal tambahan dari para rente/jula –jula tembak, koperasi dan lembaga keuangan konvensional.

Untuk membuktikan secara ilmiah akan dari sumber permodalan yang didapatkan oleh padagang dalam menjalankan usahanya digunakan Menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam kepada unit analisis yakni pengelola pasar syariah ulul albab dan dewan pengawas syariah pasar ulul albab serta di perkuat oleh pedagang dan pembeli yang bertransaksi di pasar syariah.

Keywords


Permodalan, pedagang pasar

Article metrics

Abstract views : 944 | views : 19

Full Text:

PDF

References


Atun, nur isni. (2016). THE EFFECTS OF CAPITALS, LOCATIONS, AND modal priCOMMODITY TYPES ON THE INCOMES OF THE TRADERS AT PRAMBANAN MARKET, SLEMAN REGENCY. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, Volume 5, 318–325.

Ayuningsasi, A. A. K. (n.d.). Analisis pendapatan pedagang sebelum dan sesudah program revitalisasi pasar tradisional di kota denpasar (studi kasus pasar sudha merta desa sidakarya). Artikel, Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, 1–12.

AZZAHRA, Z. A. (2015). Pengaruh faktor pelayanan, sosial, lokasi dan agama terhadap preferensi pedagang pasar parung dalam memilih sumber permodalan di lembaga keuangan syariah tahun 2015. Skripsi.

Bustan, J. (2017). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Proposal Pengajuan Kredit Bank Bagi Para Pedagang Pasar Tradisonal Sukawinatan Palembang. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 9–22.

Damayanti, I., Ekonomi, F., & Maret, U. S. (2011). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR GEDE kota surakarta. Skripsi, perpustakaan.uns.ac.id.

Delima Sari Lubis. (2016). Pemberdayaan UMKM Melalui Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota Padangsidimpuan. At-Tijaroh, 2(2).

Indonesia, U. I. (2013). PENYULUHAN PERMODALAN BAGI USAHA MIKRO, 2(2), 140–143.

Mulasari, S. A., Fatihah, A. N., & Setiawan, A. (2019). UPAYA PENANGGULANGAN RENTENIR OLEH KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN DI DUSUN KLEPU, NGLEGI, PATUK, GUNUNGKIDUL, DI. YOGYAKARTA 2018. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 479-486.

Mahadi. (2013). PERANAN RENTENIR DALAM PERMODALAN PEDAGANG PASAR SANDANG PANGAN SELATPANJANG MENURUT HUKUM ISLAM.

Mahendra, S. (2015). KETERKAITAN MODAL SOSIAL DENGAN STRATEGI KELANGSUNGAN USAHA PEDAGANG SEKTOR INFORMAL DI KAWASAN WADUK MULUR: Studi Kasus Pada Pedagang Sektor Informal Di Kawasan Waduk Mulur Kelurahan Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Analisa Sosiologi, vol 4 no 2, 10–30.

Meydianawathi, L. G., Ekonomi, J., Fakultas, P., & Universitas, E. (2013). KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN JASA PELEPAS UANG: ANALISIS BINARY LOGISTIC. E-Jurnal EP Unud, 2(2), 63–75.

Nikmah, C., Sukarno, H., Mufidah, A., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Jember, U. (2014). Analisis Implikasi Pembiayaan Syariah pada Pedagang Kecil di Pasar Tanjung Jember ( Analysis of the Syariah Financing Implication to The Merchants on “ Pasar Tanjung ” Jember ). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 8–15.

Rahmawaty, A., & Ag, M. (2013). Riba dalam Perspektif Keuangan Islam. Jurnal Hukum Islam, 14(2).

Waldelmi, I., & Aquino, A. (2018). Analisis Penerapan Transaksi Jual Beli Syariah Di Pasar Syariah. Jurnal Inovasi Bisnis (Inovbiz), 6(1), 1-7.

Waldelmi, I. (2017). Analisis Pendapatan Pedagang Kelontong Di Pasar Syariah Ulul Albab Desa Tanah Merah Dan Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Daya Saing, 3(2), 181-186




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i1.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 idel waldelmi, afvan aquino, afvan aquino, nofrizal nofrizal, nofrizal nofrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics