PERENCANAAN DAN PEMBUATAN BISNIS RAINBOW PANE ROTOLATO (TINJUAN ASPEK PEMASARAN)

Andari Putri(1*), Nazrantika Sunarto(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek tugas akhir ini berjudul “Perencanaan dan Pembuatan Bisnis Rainbow Pane Rotolato (Tinjauan Aspek Pemasaran)”. Tujuan umum dari proyek akhir ini adalah untuk merencanakan dan memasarkan produk Rainbow Pane Rotolato. Tujuan khusus dari proyek ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan dalam produk Rainbow Pane Rotolato, untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan pemasaran pada produk Rainbow Pane Rotolato dan untuk mengetahui solusi dalam kendala pelaksanaan pemasaran pada produk Rainbow Pane Rotolato. Proyek akhir ini dilaksanakan menggunakan empat metode, yaitu rencana persiapan proyek, rencana pelaksanaan proyek, rencana penyelesaian proyek dan rencana pelaporan proyek. Strategi pemasaran yang diterapkan terbagi menjadi empat bagian, yaitu segmenting, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran. Hasil dari pelaksanaan proyek akhir ini yaitu produk yang dipasarkan adalah Rainbow Pane Rotolato yang memiliki bentuk roti bulat pipih, dihiasi dengan topping dan dikemas dengan kemasan menggunakan cup container yang telah ditempel label. Harga yang ditetapkan menggunakan metode Mark-Up Pricing dan keuntugan yang diperoleh sebesar Rp1.634.000,-. Kendala yang dihadapi yaitu salah satunya adanya kesulitan mencari alamat kosumen saat melakukan delivery order sehingga cukup lama mencari rumah konsumen tersebut

Keywords


Perencanaan Bisnis; Pembuatan Bisnis; Rainbow Pane Rotolato; Strategi Pemasaran

Article metrics

Abstract views : 887 | views : 27

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan.

Bandung: Penerbit Alfabeta

Ari, dkk. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran – Pengenalan Plus Tren Terkini Tentang Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneural Marketing dan E-Marketing. Yogyakarta: ANDI.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi). Cetakkan ke-12. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dharmmesta, Basu, Swastha dan Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakkan Kelima. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Faradillah. 2016. Perencanaan dan Pembuatan Usaha Produk Puding Jagung Bakar (Tinjauan Aspek Pemasaran) (Proposal Tugas Akhir). Bengkalis: Politeknik Negeri Bengkalis.

Gitosudarmo, Indriyo. 2012.

Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakkan Kedua. Yogyakarta: BPFE- YOGYAKARTA.

Hermawan, Haris. 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol.1 No.2. Jember: Universitas Muhammadiyah.

Kismono, Gugup. 2011. Bisnis Pengantar. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE- YOGYAKARTA,

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Marnis. 2008. Pengantar Bisnis. Cetakan Kedua. Pekanbaru: Panca Abdi Nurgama.

Musrofi, Muhammad. 2008. Membuat Rencana Usaha.Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Nurhidayati. 2016. Produksi dan Pemasaran Manisan dan Asinan Betik (Tinjauan Aspek Pemasaran) (Proposal Tugas Akhir). Bengkalis: Politeknik Negeri Bengkalis.

Raheem, dkk. 2014. Impact Of Product Packaging On Customer’s Buying Behavior. European Journal of Scientific Research, Vol. 122, No 2, 2014. INDUS

University.

Salim, Emil. 2016. Strategi Pemasaran Usaha Ubi Ungu Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Kelompok Tani Patamuan Kito. Jurnal EKOBISEK Fakultas Ekonomi Vol.5 No.2. Padang: Universitas Putra Indonesia YPTK.

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Suryana, dkk. 2011. Kewirausahaan.

Yogyakarta: ANDI.

Suryana, 2014. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran (Edisi 2). Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: ANDI




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v6i2.861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Andari Putri, Nazrantika Sunarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics