STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN LIMBAH KARBIT DAN SILICA FUME TERHADAP SUBGRADE PERKERASAN JALAN

Muhammad Furqan(1*), Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D(2), Ir. Latif Budi Suparma, M.Sc., Ph.D.(3)

(1) Magister Sistem dan Teknik Transportasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia. , suryohapsoro@ugm.ac.id2 , lbsuparma@ugm.ac.id3
(2) Magister Sistem dan Teknik Transportasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia. , lbsuparma@ugm.ac.id3
(3) Magister Sistem dan Teknik Transportasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Abstract


Tanah dasar (subgrade) adalah bagian bawah lapisan perkerasan yang akan menerima beban sampai batas-batas yang mampu dipikulnya. Kekuatan struktur perkerasan sangat bergantung pada kondisi kuat dukung tanah. Kuat dukung tanah yang rendah dapat dilakukan berbagai macam stabilisasi salah satunya dengan bahan tambah. Pada penelitian ini dilakukan penambahan bahan kimia berupa limbah karbit dan silica fume sebagai bahan stabilitas perkerasan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis karakteristik, pengaruh terhadap nilai CBR dan swelling, serta untuk mendapat kadar terbaik dari campuran limbah karbit dan silica fume sebagai lapisan tanah dasar untuk konstruksi jalan. Variasi campuran yang dipakai yaitu 3%,7%,11% dan 15%. Hasilnya untuk nilai CBR setelah diperam selama 7 hari pada kondisi unsoaked didapatkan hasil berturut-turut sebesar 19,33%, 23,81%, 24,24%, dan 36,15%. Pada CBR soaked didapatkan hasil sebesar 6,17%,10,42%,21,69% dan 33,17%. Untuk nilai swelling sebesar 2,81%,2%,0,17% dan 0%. Maka dari itu, untuk kondisi limbah terbaik pada 15% limbah karbit + 8% silica fume dimana perlu dilakukan pemeraman terlebih dahulu agar proses pengikatan antara butiran lebih sempurna.

Keywords


Stabilisasi Tanah, Limbah Karbit,Silica Fume, CBR, Swelling.

Article metrics

Abstract views : 141 | views : 15

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/tekla.v3i2.2305

Copyright (c) 2022 Muhammad Furqan, Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D, Ir. Latif Budi Suparma, M.Sc., Ph.D.


This Journal has been listed and indexed in :

 
View My Stats Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .