PENENTUAN JENIS TIKUNGAN DAN EVALUASI GEOMETRIK JALAN STUDI KASUS : JALAN TANJUNG KAPAL – DARUL AMAN KECAMATAN RUPAT

M. Hafis Aldi(1*), Muhammad Idham(2)

(1) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan jalan akan dilakukan di jalan desa Tanjung Kapal menuju Darul Aman Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis merupakan akses masyarakat untuk menjalani aktivitas perkebunan, perekonomian, dan pendidikan dengan panjang jalan 11,2 km dan terdapat 15 tikungan.  pembangunan ini dilakukan melalui dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Bengkalis. Perhitungan dan analisis geometrik ini menggunakan TPGJAK 1997 dengan menanalisis alinyemen horizontal jalan sesuai dengan kondisi lapangan.Hasil analisis dan evaluasi geometrik jalan dengan panjang 11,2 Km dengan kecepatan rencana 70 km/jam dan lebar jalan 6meter, didapatkan bahwa 11 tikungan Spiral – Circle – Spiral (S-C-S) dan 4 tikungan termasuk kedalam tikungan Full Circle (F-C) dengan superelevasi maksimum : T1=8%, T2=6.7%, T3=7%, T4=8.7%, T5=7.5%, T6=9.5%, T7=7.7%, T8=7.3%, T9=7.2%, T10=7.5%, T11=8.5%, T12=6.7%, T13=7.5%, T14=7.6%, T15=7%, jarak pandang henti didapatkan 51.35 meter, jarak pandang menyiap didapatkan 421.95 meter.


Keywords


Geometrik, TPGJAK 1997, Alinyemen Horizontal, Superelevasi, Jarak Pandang

Article metrics

Abstract views : 460 | views : 55

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/tekla.v2i2.1825

Copyright (c) 2021 M. Hafis Aldi, Muhammad Idham


This Journal has been listed and indexed in :

 
View My Stats Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .