Penerapan Mesin Pengriris Adonan Kerupuk Belacan Pada Usaha Kerupuk Multi Sari

Bambang Dwi Haripriadi(1*), Zainal Abidin(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Pulau Bengkalis yang dikelilingi oleh lautan, hasil laut terutama udang rebon    merupakan salah satu perikanan yang banyak dihasilkan dari Pulau Bengkalis dan merupakan sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat. udang mudah didapat dengan harga yang relatif murah sehingga dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Kandungan protein yang tinggi pada ikan dan kadar lemak yang rendah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Udang rebon ini bisa diolah menjadi makan langsung atau diolah lagi menjadi belacan dan kelrupuk belacan. Produk makanan kering dengan bahan 'belacan dicampur dengan tepung tapioka ini" sangat digemari masyarakat. Makanan ini sering digunakan sebagai pelengkap ketika bersantap ataupun sebagai makanan ringan. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan adalah untuk membantu meningkatkan produksi kerupuk, sehingga dapat memnuhi permintaan pasar baik di pulau Bengkalis maupun di luar pulau Bengkalis Metoda   yang  akan  dilaksanakan  adalah   membuat sebuah Alat Tepat Guna berupa Mesin pengiris adonan kerupuk belacan bertujuan untuk mendapatkan hasil yang optimal dan meningkatkan produksi kerupuk pada usaha kerupuk “Multi sari" tersebut terhadap produk yang dihasilkan.

Article metrics

Abstract views : 93 | views : 15

Full Text:

PDF

References


Indrawati, Ragil Tri, (2021). Peningkatan kapasitas produksi melalui rancang bangun mesin semi otomatis pemotong adonan kerupuk.

Fibrianie Etwin, (2018). Rancang bangun mesin pengiling dan potong kerupuk ikan dengan menggunakan gear box.

Muhhamad Khairul Anam, (2015). perancangan mesin pemotong adonan kerupuk 84 kg/jam. Universitas Muhhamadiyah Ponorogo.

Krishadiatno,Ahmad Wahyu, (2015). perencanaan sistem transmisi mesin pencacah tebom jagung berkapasitas 200kg/jam. Institut Teknologi Sepuluh November.

Hartadi Budi, (2020). Perancangan mesin otomatis pemotong kerupuk ikan haruan.

Mohammad Mufti, Saifudin, Dzikri Fatur Rachman, (2019) Rancang bangun mesin pencacah kayu sistem crusher penghasil serpihan kayu untuk bahan dasar pembuatan

papan partikel Vol.5 No 2.

Syahputra Adi, (2021). Perancangan mesin pemotong bahan kerupuk kapasitas 10 kg/jam.

Angga Kesuma, dkk, Perancangan Mesin Pemotong Kerupuk Labu Kuning Semi Otomatis Dengan Metode Zero One, jurnal ilmiah Tekno, Universitas Bina Darma, 2017

Wahyunanto dkk, Rancang Bangun Alat Perajang Otomatis Ubi Kayu(Manihot Esculenta) Sebagai Bahan Dasar Keripik Berbasis Mikrokontroler AT89S52, Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, Vo. 4. No. 2, 2016.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v3i1.3079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.