Sosialisasi Dan Penggunaan Alat Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Posyandu Anyelir 4 Rt.19 Rw.05 Kel. Kanigoro Kec. Kartoharjo Kota Madiun

Hanum Arrosida(1*)

(1) Politeknik Negeri Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan dan perkembangan anak seringkali harus diperhatikan  orang tua untuk mengetahui tumbuh kembang bayi. Dalam tumbuh kembang bayi ada beberapa hal yang perlu dipantau oleh orang tua yaitu berat, tinggi dan lingkar kepala bayi. Untuk mengetahui apakah bayi berkembang dengan baik atau tidak, pemerintah mempunyai salah satu program yaitu posyandu yang bertujuan  untuk mengetahui ketidaksesuaian pertumbuhan pada bayi, Pemantauan pertumbuhan dan perkembang fisik bayi merupakan penilaian gizi menggunakan metode Antropometri. Di Posyandu alat yang digunakan untuk melihat perkembangan pertumbuhan bayi adalah timbangan manual yang dinamakan dacin yang berguna untuk mengukur berat badan bayi, infantometer alat ukur yang berguna untuk mengukur panjang tubuh bayi, serta pengukuran lingkar lengan atas dan lingkar kepala yang masih menggunakan pita pengukur. Namun pada kenyataannya kedua alat tersebut masih mempunyai kendala diantaranya adalah pengoperasian alat yang tidak praktis dan pembacaan hasil belum terlalu akurat. Oleh sebab itu tim pengabdian membuat serangkaian acara sosialisasi dan membuat alat penunjang medis yaitu timbangan bayi dalam satu sistem yang terdapat tiga parameter berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala yang bertujuan untuk mempermudah kinerja perawat atau dokter dalam menentukan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa alat mampu mendeteksi berat badan, tinggi badan, lingkar kepala bayi dan memberikan kesimpulan kondisi bayi ideal atau tidak.


Article metrics

Abstract views : 612 | views : 102

Full Text:

PDF

References


Mazendha Diartha, M. Ridha Mak’ruf, Triana Rahmawati “Alat pengukur berat badan, panjang badan dan lingkar kepala bayi (berat badan)”

Sholeh Rudi Hartono, Umi Fadlilah, dan Gunawan Ariyanto (2015) “RANCANG BANGUN ALAT UKUR SUHU, PANJANG, BERAT, SERTA LINGKAR KEPALA BAYI BERBASIS ARDUINO MEGA 2560”.

Yuni Marsinta Butar (tahun 2018). “RANCANG BANGUN ALAT UKUR BERAT BADAN, TINGGI BADAN, DAN LINGKAR KEPALA BAYI BERBASIS RASPBERRY PI”.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v3i1.2793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.