Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Beban Kerja Dosen (BKD) Berbasis Web untuk Pelaporan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Politeknik Negeri Bengkalis)

Muhamad Nasir(1), Nurul Fahmi(2*)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang kemajuan dari teknologi saat ini memiliki dampak dalam meningkatkan efektifitas dan keefisienan dalam melakukan setiap pekerjaan. Kegunaan komputer telah banyak membantu memudahkan kerja dari manusia sehingga keberadaan komputer ini sangat dibutuhkan. Baik individu, institusi, maupun pemerintah ikut melakukan berbagai upaya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini. Bahkan dalam dunia pendidikan di Indonesia, khususnya perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi memiliki kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen meliputi 4 bidang, yaitu : bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penunjang yang ditetapkan oleh pimpinan perguruan tinggi. Oleh karena itu beban dosen harus terdistribusi secara proporsional dan terukur dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Salah satunya adalah Sistem Informasi Beban Kerja Dosen (BKD) berbasis web yang dapat membantu pimpinan dalam mengetahui informasi beban kerja dosen yang ditanggung dan membantu pimpinan dalam mengetahui informasi beban kerja yang ditanggung setiap dosen.

Kata Kunci:  Teknologi, Informasi, Dosen, Sistem

Article metrics

Abstract views : 225 | views : 47

Full Text:

PDF

References


UU, 2005, Undang - Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Dinas Pendidikan, 2010, Pedoman

Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Jakarta.

Azhar, M 2015. Sistem Informasi Repository Digital Beban Kerja Dosen.

Agus, A & Luh, J 2016, Sistem Informasi Beban Kerja Dosen Fakultas Teknik dan Kejuruan Undhiksa Berbasis Web, Bali.

Sunarni & Setyadin. B 2016. Analisis Pelaksanaan Beban Kerja Dosen (BKD). Manaj. Pendidik., vol. 25, no. 1, pp. 47–56.

Arifianto, T 2017. Implementasi Sistem Informasi Beban Kerja Dosen (BKD) Di Stmik Yadika Bangil. in Seminar Nasional Sistem Informasi, no. September, pp. 776–787.

Setyobudi, M.E & Rosidi, A 2015. Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Di Amikom Cipta Darma Surakarta, J. Data Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 16, no. 4, pp. 47–54.

Jogiyanto 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Bin Ladjamudin A.B 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v2i1.2211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.