PENERAPAN MESIN PERAJANG SINGKONG OTOMATIS MENGGUNAKAN MOTOR 1 PHASA PADA KELOMPOK UMKM PELITA DI DESA PEMATANG DUKU TIMUR KECAMATAN BENGKALIS

Khairudin Syah(1*), Syahrizal Syahrizal(2), Wan Muhamad Faizal(3), Adam Adam(4), Razali Razali(5)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Masyarakat Desa Pematang Duku Timur sebagian besar berprofesi sebagai petani baik itu petani karet, nanas, singkong dan lain-lain. Desa Pematang Duku Timur merupakan desa dengan penghasil singkong terbesar di pulau Bengkalis. Namun masyarakat Desa Pematang Duku Timur belum dapat mengolah hasil pertanian dengan maksimal yaitu singkong. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kerugian sebagian kecil dikarenakan tidak semua singkong dapat terdistribusikan dengan baik, sehingga banyak singkong yang terjual murah. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan adalah untuk membantu Pemerintah Desa Pematang Duku Timur dalam hal memajukan UMKM yang baru dibentuk oleh desa tersebut, dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada sedang berkembang saat ini. Sehingga UMKM pada desa tersebut dapat lebih maju akan sebuah inovasi terutama dalam hal teknologi. Metode yang diterapkan adalah membuat sistem pengolahan singkong dijadikan kripik dengan menggunakan sebuah mesin perajang singkong otomatis dengan komponen utama motor induksi 1 phasa sebagai pemutar mata pisau perajang sedangkan mata pisau terbuat dari bahan Stainless Steel yang dilengkapi dengan pelindung atau Cover sehingga memudahkan dalam penggunaan dan dapat mengolah singkong secara efektif dan efisien. Dari hasil pengujian yang dilakukan metode ini mampu menghemat waktu hingga 70% dari metode konvensional.

Article metrics

Abstract views : 85 | views : 9

Full Text:

PDF

References


Arindya R, 2013, Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Czarkowski, Dariusz, 2007, Inverter in Power Electronic Handbook, Editing by Rashid, Muhammad H, University of Florida, chapter 13.

Harahap, Mailina. 2013. Analisis Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerupuk Tempe di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 13 No. 01 Oktober 2013.

https://www.online-pajak.com/perkembangan-umkm-di-indonesia. Diakses Pada Mei 2020

Insyaansori, 2013, Motor Induksi Satu Fasa. Diakses dari http://insyaansori.motorinduksi1-fasa.co.id Pada April 2020.

Koswara, S. 2000. Modul Teknologi Pengolahan Umbi-umbian. Bagian 6: Pengolahan Singkong. Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center. Research and Community Service Institution. Bogor Agricultural University. Bogor.

Nurhayata IG, 2015, Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Universal Satu Fasa Dengan Metode Kontrol Sudut Fasa Berbasis Mikrokontroler AT89S52, JPTK, UNDIKSHA, Vol. 12, No. 1, Januari 2015, ISSN 0216- 3241, Hal. 75-88.

Sutriyono A, 2017, Rancang Bangun Pengendali Motor 1 Fasa Dengan Metode Zero Crossing Detector Berbasis Arduino, Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.