Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan Organisasi Pengelola Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis

Rian Eka Nur Pertiwi(1*), Endang Sri Wahyuni(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis kinerja keuangan Badan Amil Zakat Kabupaten Bengkalis Tahun 2017-2019. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini menggunakan rasio efisiensi, rasio dana amil dan rasio pertumbuhan yang dikeluarkan oleh BAZNAS. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan BAZNAS Kabupaten Bengkalis tahun 2017-2019. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis rasio efisiensi, rasio ini menunjukkan hasil yang tidak efisien karena rasio sumber daya manusia sangat baik, sedangkan dua rasio lainnya, yaitu rasio biaya operasional terhadap total hak amil dan rasio biaya operasional terhadap penagihan tidak efisien. Kemudian rasio dana amil terhadap zakat dan hak amil terhadap infaq/sedekah secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik. Sementara itu, rasio pertumbuhan dalam analisis ini menunjukkan hasil yang cukup baik karena rasio pertumbuhan pengumpulan ZIS dan pertumbuhan distribusi yang cukup baik, tetapi pertumbuhan biaya operasional selaras.

Kata kunci: Pengukuran, Kinerja, BAZNAS


Article metrics

Abstract views : 1243 | views : 265

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Azizah, S. N. (2018). Efektivitas Kinrja Keuangan Badan Amil Zakat nasional (Baznaz) pada Program Pentasharufan Dana Zakat di baznas Koya Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 91-122.

BAZNAS. (2019). Outlook Zakat Indonesia.

CPA Australia. (2012). Financial Management of Not-For-Profits. Australia: CPA Australia Ltd.

Endri. (2018). Analisis Kinerja Keuangan dengan menggunakan Rasio - Rasio Keuangan dan Economic Value Aded ( Studi Kasus PT. Bank Syariah Mandiri). Jurnal, 13(1), 159.

Harto, P. P., Anggraeni, V. S., & Bayinah, A. N. (2018). Komparasi Kinerja Keuangan Lembaga Amil Zakat. Jurnal Akuntansi dan Kauangan Islam, 6(1), 19-33.

Hasanah, U. (2020, Januari). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Organisasi Nirlaba. Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Berskala Nasional. Jurnal Ilmiah KOHESI, 4(1), 1-14. Retrieved 2020

Romantin, M., Syamsul, E., & Lubis, A. T. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Lembaga Zakat ( Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional).

PERISAI, 97-166.Arliza, Omi. (2015) Pelaksanaan Program Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan kota Pekanbaru. Jom Fisip, 2(2), 1-14.

Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 tentang Akuntansi Zakat, Infak dan Sedekah.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaadi, N. (2018). Problematika dalam Pengelolaan Zakat. Jakarta, Indonesia. Retrieved from www.kompasiana.com.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

Yusuf, E. (2019). BAZNAZ Fokus Kuatkan SDM dan Sistem. Jakarta, Indonesia. Diambil kembali dari www.republika.co.id.




DOI: https://doi.org/10.35314/iakp.v2i2.2036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rian Eka Nur Pertiwi Rian Eka, Rian Eka Nur Pertiwi Rian Eka, Endang Sri Wahyuni Endang Sri Wahyuni




This Journal has been listed and indexed in :


View My Stats
Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: iakp@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id