Rancang Bangun Dan Analisis Sistem Transmisi Mesin Pemotong Kerupuk Blacan Pada Unit Usaha Multisari Desa Pangkalan Batang

Andi Cavillo(1*), Bambang Dwi Haripriadi(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


 Kerupuk merupakan makanan ringan (snack)  yang potongan awalnya dikukus lalu diiris tipis-tipis. Proses pembuatan kerupuk diperlukan beberapa tahapan pengolahan, diantaranya pemotongan, keberhasilan seorang produsen kerupuk sangat tergantung pada cara pembutan dan pengolahan adonan yang baik, serta kualitas maupun kuantitas yang tinggi pada proses pemotongan, sehingga kerupuk tetap memiliki produktivitas yang tinggi. Produktivitas industri kecil yang masih menggunakan cara manual dalam proses merajang adonan kerupuk, sehingga menyebabkan masih rendahnya produktivitas kerupuk dan kualitas kerupuk yang menjadi salah satu kendala dalam proses produksinya. Mesin perajang kerupuk ini dibuat dengan tujuan untuk merancang mesin yang tepat guna yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki industry kerupuk dalam skala kecil dan dengan harapan dapat mempercepat proses perajangan. Cara kerja dari alat ini pertama motor dihidupkan, setelah dihidupkan kecepatan putaran dari motor listrik adalah 1500 rpm . Putaran dari daya motor diteruskan oleh V-belt ke poros mata pisau dengan kecepatan poros mata pisau adalah 500 rpm. Dari poros mata pisau putaran di teruskan ke poros pengubah kecepatan putaran hingga 130 rpm, Dari poros tersebut, putaran di teruskan lagi melalui V-belt ke poros pendorong dudukan adonan dengan kecepatan dudukan adonan adalah 30 rpm.


Article metrics

Abstract views : 218 | views : 38

Full Text:

35-42

References


Angga Kesuma, dkk, Perancangan Mesin Pemotong Kerupuk Labu Kuning Semi Otomatis Dengan Metode Zero One, jurnal ilmiah Tekno, Universitas Bina Darma, 2017

Fibrianie Etwin, (2018). Rancang bangun mesin pengiling dan potong kerupuk ikan dengan menggunakan gear box.

Mohammad Mufti, Saifudin, Dzikri Fatur Rachman, (2019) Rancang bangun mesin pencacah kayu sistem crusher penghasil serpihan kayu untuk bahan dasar pembuatan papan partikel Vol.5 No 2.

Indrawati, Ragil Tri, (2021). Peningkatan kapasitas produksi melalui rancang bangun mesin semi otomatis pemotong adonan kerupuk.

Krishadiatno,Ahmad Wahyu, (2015). perencanaan sistem transmisi mesin pencacah tebom jagung berkapasitas 200kg/jam.institut teknologi sepuluh november.

Muhhamad Khairul Anam, (2015). perancangan mesin pemotong adonan kerupuk 84 kg/jam. Universitas muhhamadiyah ponorogo

Mohammad Mufti, Saifudin, Dzikri Fatur Rachman, (2019) Rancang bangun mesin pencacah kayu sistem crusher penghasil serpihan kayu untuk bahan dasar pembuatan papan partikel Vol.5 No 2.

Syahputra Adi, (2021). Perancangan mesin pemotong bahan kerupuk kapasitas 10 kg/jam.

Wahyunanto dkk, Rancang Bangun Alat Perajang Otomatis Ubi Kayu(Manihot Esculenta) Sebagai Bahan Dasar Keripik Berbasis Mikrokontroler AT89S52, Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, Vo. 4. No. 2, 2016.




DOI: https://doi.org/10.35314/ism.v2i2.2680

DOI (35-42): https://doi.org/10.35314/ism.v2i2.2680.g1253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.