Analisa Kegagalan Sistem Kemudi Rack and Pinion pada Mobil Listrik Laksmana V2 dengan Metode FMEA (Failure Mode Effect and Analysis)

Muhammat Tarmizi(1*), Razali Razali(2)

(1) 
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem kemudi yang paling banyak digunakan yaitu sistem kemudi rack and pinion.
Sistem kemudi kendaraan pada umumnya ditunjang dengan mekanisme power steering untuk
menunjang keamanan dan kestabilan. Mekanisme power steeringyang banyak digunakan yaitu hidrolik
power steering dan electrical power steering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi cara
kerja dan kegagalan yang terjadi pada kemudi tipe rack and pinion pada mobil listrik laksmana V2
penelitian ini di lakukan di bengkel teknik mesin politeknik negeri Bengkalis metode di gunakan untuk
menganalisa kegagalan sistem kemudi rack and pinion dengan metode (failure mode effect and
analysis). Dari hasil penelitianterdapat 3 kegagalan fungsi sistem kemudi pada mobil listrik yaitu gerak
bbas sudut dan kesetabilan sistem kemudi yang mana yang paling berpotensi kerusakan pada sudut
roda.


Article metrics

Abstract views : 11 | views : 0

Full Text:

PDF

References


A.R.Ismail ,R.ismail ,R.Zulkifli,N.K.Makhtar

,B.M.Deros ,2009,”A Study mentation of’’ preventif

maintenance programe at malaysia palm oil

mill”europen journal of scientific researc.

X Vol.No.1

Difana meilani insannul kamil,dan arie satria,oktober

”analisis realibelity centered maintenantce

(RCM) dan realibelity centered spares (RCS) pada

unit rewemill pabrik indarung IV PT.semen

Inovtek Seri Mesin Vol. 1, No. 1, November 2020, page 16 - 23

Diagram fishbone

diatas diperlihatkan berbagai

kemungkinan penyebab potensi kegagalan pada sistem

kemudi rack and pinion mobil listrik laksmana V2 adalah

pada sudut roda dengan nilai RPN 240 pada diagram

fhisbone dapat di lihat beberapa penyebab fakta kegagalan

t roda antara lain,mekanik yang memasang sistem

kemudi pada mobil listrik laksmana V2 kurang memahami

serta kualitas material yang

kurang bagus.Penyebab kegagalan pada sudut roda harus

pengukuran untuk

mendapatkan ukuran sudut yang sesuai dan memberikan

Dari hasil analisa kegagalan sistem kemudi rack

pada mobil listrik laksmana V2 diuraikan sebagai

nggunakan sistem

kemudi rack and pinion di mana keuntungan yang

di peroleh dari pengunaan sistem rack and pinionp

pada mobil listrik laksmana V2 lebih mudah untuk

mengatur gerak kinematiknya lebih ekonomis dan

t 3 kegagalan fungsi

sistem kemudi pada mobil listrik yaitu gerak bebas

sudut dan kesetabilan sistem kemudi yang mana

yang paling berpotensi kerusakan pada sudut roda.

A.R.Ismail ,R.ismail ,R.Zulkifli,N.K.Makhtar

mentation of’’ preventif

maintenance programe at malaysia palm oil

mill”europen journal of scientific researc.ISSN1450-

Difana meilani insannul kamil,dan arie satria,oktober

analisis realibelity centered maintenantce

y centered spares (RCS) pada

unit rewemill pabrik indarung IV PT.semen

Imene indah susanti 2009.”

kegagalan dan dampak (FMEA )pada infras

bandar udara tesis TTB. Teknologi

nuklir,yogyakata.ISSN19780176.

Nasa2008,”reability centered maintanance for

facilitiesand collateral equipment,”national

aeronautics and space administration,washington

Final september

Ellyana puspita dewi,wandi arnandi,sigit joko

purnomo.2018,”apliklasi system kemudi rack and

pinion pada gokart.riset diploma teknik mesin volume

,nomor 1.2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.