Sistem Deteksi Jumlah Penumpang Pejalan Kaki Di Pelabuhan RoRo Bengkalis

Fazri Nurfaris(1*), Muhamad Nasir(2), Supria Supria(3)

(1) Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesesuaian data jumlah penumpang pejalan kaki antara petugas pelabuhan dengan petugas di kapal Roro merupakan hal yang sangat penting. Hal ini untuk menghindari adanya kejadian- kejadian yang tidak diinginkan, seperti penumpang yang tidak memiliki tiket masuk ke kapal. Menghitung jumlah penumpang pejalan kaki di pelabuhan Roro Bengkalis dapat memberikan informasi untuk pengelola mengoptimalkan tempat, dan juga mengevaluasi daya tarik pada beberapa area keberangkatan. Pengelola area dapat menganalisis maupun mengetahui jumlah penumpang tersebut secara otomatis. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan sistem otomatis yang digunakan untuk mendeteksi jumlah pejalan kaki di pelabuhan Roro Bengkalis. Pada penelitian ini, parameter yang digunakan adalah deteksi objek yang lewat. Sistem ini menggunakan sensor infraredyang akan diproses menggunakan arduino untuk mendeteksi objek manusia yang melewati sensorinfrared pada area khusus pejalan kaki. Selain itu, data yang didapatkan dari proses deteksi akan disimpan dalam database untuk diproses dan selanjunya ditampilkan di sebuah website.Uji coba dilakukan pada 100 orang penumpang pejalan kaki di Roro. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan menunjukan sistem ini memiliki rata-rata akurasi 95%.


Article metrics

Abstract views : 672 | views : 76

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Saputra W. Aplikasi Tracking Roro Berbasis Android. Tugas Akhir. Politeknik Negeri Bengkalis; 2017.

Rahmavinka W. Perancangan Alat Hitung Pengunjung Perpustakaan Menggunakan Sensor Pir Dan Bluetooth Berbasis Arduino Uno. Tugas Akhir. Universitas Sumatera Utara; 2016.

Saputra S. Rancang Bangun Alat Penghitung Jumlah Pengunjung di Toko Adhelina Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. Jurnal SISFOKOM. 2015; vol 4(1) : 61-21.

Zulkurniawan, Bhakti Y. Rancang Bangun Menghitung Jumlah Kendaaraan Roda Empat Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Jurnal Ecotipe. 2015; vol 2(1) : 26- 33.

Natalianan D, Samsu I. Sistem Monitoring Parkir Mobil menggunakan Sensor Infrared berbasis RASPBERRY PI. Jurnal Elkomika. 2014. vol 2(1) : 68-84

Pramananda R, Fitriyah H. Rancang bangun Sistem Penghitung Jumlah Orang Melewati Pintu menggunakan Sensor Infrared dan Klasifikasi Bayes. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2018; vol 2(3) : 921-929.

Sudirman D, Hidayatullah N. Sistem Penghitungan Jumlah dan pengukur Laju Kecepatan Kendaraan Bermotor Pada jalan Tiga Lajur Berbais Optical Flow. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 2016 ; vol 1(1) : 61-66.

Rathod P, Khizaruddin S. Raspberry Pi Based Home Automation Using Wi-Fi, IOT & Android for Live Monitoring. International Journal of Computer Science Trends and Technology (IJCST). 2017; vol 5(2) : 363-368.

Prihatmoko D. Pemanfaatan Raspberry Pi Sebagai Server Web Untuk Penjadwalan Kontrol Lampu Jarak Jauh. Jurnal Infotel. 2017; vol 9(1) : 84-91.

Jubilee Enterprise. Mengenal Java dan Database dengan Netbeans. Edisi Pertama. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo. 2015:149.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v4i1.981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats