Aplikasi Simulasi Rukun Haji Berbasis Android

Santika Suryani(1), Rezki Kurniati(2), Sri Mawarni(3*)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(3) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Haji merupakan rukun Islam kelima yg harus dilakukan oleh orang Islam yg mampu dengan mengunjungi Ka’bah pada bulan Dzulhijjah dan mengerjakan amalan haji, yaitu ihram, tawaf, sa’i, dan wukuf. Tujuan penelitian ini membuat aplikasi Simulasi Rukun Haji berbasis Android Sebagai Sarana Pembelajaran yang dapat digunakan dalam mempelajari rukun haji, karena aplikasi ini dilengakapi dengan materi, dan simulasi rukun haji serta latihan. Aplikasi ini dibuat menggunakan software adobe flash professional cs6 dan alat bantu dari adobe master collection cs6.  Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi yang berisikan materi urutan-urutan pelaksanaan ibadah haji yang disajikan dalam bentuk teks, suara dan simulasi animasi 2D mengenai tatacara pelaksanaan rukun haji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat dapat dijalankan dengan baik pada perangkat smartphoneandroid versi 4.1.2 (JellyBean), 5.1 (Lollipop), 6.0 (Marsmallow), 7.0 (Nougat), dan 8.1.0 (Oreo).


Article metrics

Abstract views : 803 | views : 179

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Sissah., dan Rahman, F. (2012) Problematika Ritual Ibadah Haji : Telaah Perilaku Sosial Keagamanan Hujjaj di Kota Jambi. Jambi :Fakultas Syariah IAIN Sulthan Thaha saifuddin Jambi.Media Akademika, Vol. 27, No. 3, Juli 2012.

Rustandi, D., Dirgantoro, B., dan Ahmad, U. A. (2015) Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Panduan Haji dan Umroh Berbasis Android. Bandung: Universitas Universitas Telkom.

Firmanda, D. R., Isnanto, R. R., dan Windasari, I. P. (2016) Aplikasi Pembelajran Manasik Haji dan Umroh Berbasis Android. Semarang: Universitas Diponegoro.Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 4(4), 2016, 510-517.

Khafid. A, Listyorini. T, Maharani. R.M, (2015), Aplikasi simulasi manasik haji berbasis multimedia, Prosiding SNATIF ke-2 tahun 2015.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, 2016. Tuntunan Manasik Haji dan Umrah, Kementrian Agama R.I, Jakarta.

Wijiyanto & Hananto. W.M (2013), Pengembangan Pariwisata Kabupaten Bantul Berbasis Multimedia, Jurnal Sarjana Teknik Informatika, I(2):534-544

Purnasiwi, R.G., dan Kurniawan, M.P. (2013). Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking, Jurnal Ilmiah DASI, 14(4):54-57

Pressman. P. R. S dan Bruce. P. R. Maxim (2015), Software Engineering A Practitioner’s Approach, Singapore: Mc Graw Hill Education.

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-storyboard.html#1_halas diakses pada tanggal 2 mei 2019.

Herlawati dan Widodo, Menggunakan UML : Informatika Bandung, 2011.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v4i1.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats