Sistem Pakar dengan Metode Forward Chaining untuk Mendiagnosa Kondisi Psikologi Anggota Polri Dalam Mendapatkan Senjata Api

Hadi Asnal(1*)

(1) STMIK Amik Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat hampir diseluruh aspek kehidupan, membuat semua orang perorangan maupun instansi  harus membuka diri,  tidak terkecuali pada dunia bhayangkara / kepolisian, termasuk bagaimana semestinya penggunaan senjata api oleh seluruh anggota polri yang banyak mendapatkan perhatian karena kasus bunuh diri anggota polri, salah tembak oleh anggota polri dan lain sebagainya dapat menjadi perhatian bersama.  Semua persoalan ini bersumber dari masalah psikologi, sehingga peran teknologi yang dalam hal ini adalah sistem pakar dapat membantu mengatasi masalah psikologi tersebut dengan cepat dan baik. Sistem pakar ini akan berfungsi untuk mendiagnosa kondisi psikologi anggota polri dalam mendapatkan senjata api, menggunakan metode forward chaining serta rule yang biasa digunakan seorang pakar dalam hal ini adalah psikolog kepolisian, nantinya sistem pakar ini akan dapat membantu mempercepat dan mempermudah proses diagnosa kondisi psikologi polri

Article metrics

Abstract views : 1274 | views : 165

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Ida Bagus Kade Danendra. (2012). ”Kedudukan Dan Fungsi Kepolisian Dalam Struktur Organisasi Negara Repulik Indonesia”. Lex Crimen vol.1/No.4/Okt-Des/2012.

Erik Saut H Hutahaean."Psikologi Kepolisian : Seragam, Pangkat dan Senjata Api”. Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil Gunadharma. Depok. 2015; Vol 6:P-29.

Doddy Teguf Yuwono et al. (2017). “Penerapan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Hama Anggrek Coelogyne Pandurata”. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer. ISSN : 2406-7857.

Olanloye and Dauda Odunayo. (2014). “An Expert System For Diagnosing Faults In Motorcycle”. Interntional journal of engineering and applied science. Vol.5.No.06.

Dedi Nugraha dan Sri Winiarti. (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia”. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. ISSN: 2338-5197.

Santi Dewi Lumban Gaol. (2013). “Sistem Pakar Mendeteksi Gizi Buruk Pada Balita Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor”. Pelita Informatika Budi Darma. ISSN : 2301-9425.

Bambang Yuwono. (2010).” Pengembangan Sistem Pakar Pada Perangkat Mobile Untuk Mendiagnosa Penyakit Gigi”. Jurnal Teknik Informatika UPN Veteran Yogyakarta. ISSN : 1979-2328.

Indyah Hartami Santi dan Ardita Irvan Septiawan. (2018). “Metode Forward Chaining pada Sistem Pakar dalam Mendiagnosis Penyakit Kulit”. Jurnal Antivirus. ISSN : 1978- 5232.

Asep Afandi. (2018). “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Ayam Pedaging”. Jurnal Cendikia. ISSN : 0216-9436.

Cindykia Gusti Berliana. Sistem Pakar Masalah Kulit Untuk Penentuan Ketepatan Perawatan Wajah Berminyak dengan Metode Forward Chaining. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang; 2015.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v4i1.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats