Robot Auto Pointing Sebagai Media Pencarian Sinyal Terbaik Pada Instalasi Radio Wireless Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno

Herwin Herwin, Koko Harianto, Chandra Kusuma Wibawa

Abstract


Perangkat wireless merupakan salah satu media komunikasi data melalui sinyal radio atau yang dikenal dengan Radio Frequency. Kuat sinyal sangat mempengaruhi terhadap beban data yang akan dikirim dari satu titik ke titik lain. Proses pemasangan radio wirelessclient dengan cara memanjat tower pada ketinggian yang sudah ditetapkan. Teknisi jaringan dituntut untuk melakukan proses pointing. Proses pointing umumnya membutuhkan waktu yang lama hingga mendapatkan sinyal terbaik dari pancaran radio wirelessBase Transceiver Station (BTS). Belum lagi resiko yang mengancam nyawa seperti kram, tower yang roboh dan lain sebagainya bisa saja terjadi meskipun sudah menggunakan peralatan keamanan yang lengkap. Robot auto pointing di nilai salah satu cara untuk mengurangi resiko tersebut. Apabila terjadi pergeseran sinyal yang diakibatkan oleh faktor cuaca, robot auto pointing dapat menyesuaikan arah antenna sampai kondisi sinyal maksimal. Pengaturan arah ditentukan oleh kuat sinyal yang diterima dan dikendalikan oleh mikrokontroler arduino uno


References


Megasakti, M.C. Rancang Bangun Auto Tracking Dengan Menggunakan Microcontroller, Gps, Sat Finder Dan Digital Compass Untuk Sinkronisasi Azimuth Antena Terhadap Satelit Cakrawarta-2. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Jakarta. 2010.

A. Garnis dan S. Soim. Pengkajian Kualitas Sinyal Dan Posisi Wifi Access Point Dengan Metode Rssi Di Gedung Kpa Politeknik Negeri Sriwijaya. Prosiding. Seminar Nasional Teknologi dan Informatika. Kudus. 2017: 429-434

F. Supegina dan D. Sukindar. Perancangan Robot Pencapit Untuk Penyotir Barang Berdasarkan Warna Led Rgb Dengan Display Lcd Berbasis Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro Universitas Mercu Buana. 2014; Vol 5(1): 9–17.

Kausar, A. dan Venny. N. S. Robot Pencari Alamat Menggunakan Warna. Jurnal Media Infotama. 2014; Vol. 10(2):81–88

Sari, L. K. dan Sasongko, D. Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Ii. Prosiding. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA. Surakarta. 2013:23–27.

Sagala, R. B. dan Kusumastuti, Y. I. Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Kampanye Sustainable Seafood, WWF-Indonesia. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. 2017; Vol 1(1): 55–64.

Nugroho, B. A., Alhamri, R. Z. Pelatihan Wireless Network Infrastructure bagi Pegawai PDE Pemkot Kediri Untuk Meningkatkan Kemampuan Konfigurasi Dan Penanganan Troubleshooting Jaringan Wireless Pemkot Kediri. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS. 2016; Vol 1(2):13–18.

Sipasulta, R. Y., St, A. S. M. L., Sompie, S. R. U. A. Simulasi Sistem Pengacak Sinyal Dengan Metode FFT (Fast Fourier Transform). E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer. 2014; 1–9.

Nurwulan ,A. I. and Paputungan, I. V.. Perancangan Radio Streaming Edukasi (Studi Kasus Balai Pengembangan Media Radio Yogyakarta). Prosiding. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informatika.Yogyakarta. 2009:57-61.

Rochman, H. A., Primananda, R., Nurwasito, H. Sistem Kendali Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Protokol MQTT pada Smarthome. Jurnal PTIIK. 2017; Vol 1(6): 445–455.

Adriansyah, A., Hidyatama, O. Rancang Bangun Prototipe Elevator Menggunakan Microcontroller Arduino Atmega 328p. Jurnal Teknik Elektro Universitas Mercu Buana. 2013; Vol 4(3): 120–132.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v4i1.898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats