Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Menggunakan Metode Profile Matching

Agustin Agustin(1*), Fransiskus Zoromi(2)

(1) STMIK Amik Riau
(2) STMIK Amik Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penilaian kinerja merupakan suatu metode atau alat yang digunakan untuk menilai pencapaian pelaksanaan kegiatan berdasarkan rencana strategis atau tujuan yang telah ditetapkan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Amik Riau merupakan suatu lembaga yang memfasilitasi dosen dalam melaksanakan dua dari tiga dharma perguruan tinggi yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat. Sistem penilaian kinerja yang dimiliki LPPM STMIK Amik Riau sebelumnya, belum bisa mengukur atau menilai kinerja dosen secara otomatis di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga menyebabkan kurangnya pengawasan atau pemantauan terhadap kinerja dosen, untuk itu perlu dibangun sebuah aplikasi yang bisa menilai kinerja dosen secara otomatis. Metode Profile Matching merupakan metode yang membandingkan nilai dari variabel-variabel data tes atau data uji terhadap nilai minimal untuk setiap variabel yang telah ditentukan. Perbandingan variabel ini, menghasilkan nilai selisih antara keduanya, yang disebut dengan gap. Gap diberi bobot, semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki kinerja yang lebih besar untuk kesesuaian antara kinerja dengan parameter dalam acuan penilaian. Aplikasi yang dibangun telah memudahkan LPPM STMIK Amik Riau dalam melakukan penilaian kinerja dosen bidang penelitian dan pengabdian masyarakat dan membantu pihak pimpinan dalam pengambilan keputusan.

Article metrics

Abstract views : 386 | views : 96

Full Text:

PDF

References


Yanne,“Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Pada Pt. Bank Sulut”. Jurnal Emba Vol 1 No.4. ISSN 2303-1174. Hal 402-413. 2013.

Jumadi, Nurul, Cecep Alam dan Ichsan Taufik. “Pendekatan Logika Fuzzy untuk Perhitungan Gap pada Metode Profile Matching dalam Menentukan Kelayakan Proposal Penelitian”. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015, 22-23 April 2015,

Yulaikah, Ayem, Sri. “Penerapan Metode Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Organisasi Sektor Publik (Studi Pada Dinas Pajak Daerah Dan Pengelolaan Keuangan Kota Yogyakarta)”. Jurnal Akuntansi Vol 2 No 2 Desember 2014. ISSN 2088-768x. Hal 23-42.

Agustin, Fransiskus Zoromi dan Erlin, “Model Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Profile Matching” in Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 10. 237-244. 2018.

Ananta, P. W. dan Winiarti, S. “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Pegawai Untuk Kenaikan Jabatan Pegawai Menggunakan Metode Gap Kompetensi (Studi Kasus Perusahaan Perkasa Jaya Compuretail)”. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Volume 1 Nomor 2, Oktober 2013(2338-5197).

Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ),” Memahami Pengguna.UML (Unified Model. Lang., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2011




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i2.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats