Sistem Layanan Informasi Lapor Prestasi Mahasiswa STMIK Amik Riau

Junadhi Junadhi(1*)

(1) STMIK Amik Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode Rapid Application Developmentsesuai untuk menghasilkan sistem perangkat lunak perniagaan elektronikkarena memiliki sistem yang dinamis, fleksibel, melibatkan pengguna secara langsung danperancangan sistem tidak membutuhkan waktu yang lama.Metode RAD memiliki sejumlah tahapan, yang diawali dengan tahap perencanaan syarat kebutuhan sistem,melibatkan pengguna untuk merancang dan membangun sistem (kegiatan ini dilakukan secaraberulang-ulang hingga mencapai kesepakatan bersama), dan terakhir tahap implementasi. Kebutuhan ini selaras dengan tujuan penelitian yaitu menghasilkan sistem informasi lapor prestasi mahasiswa yang mudah digunakan oleh mahasiswa dan memudahkan bidang kemahasiswaan dalam mengelola data prestasi mahasiswa. Hasil penelitian memperlihatkan sistem perangkat lunak lapor prestasi mahasiswa ini dapat menjadi terobosan baru dalam cara dan mekanisme berinteraksidengan mahasiswa,aliran informasi menjadi lebih interaktif dan transparan,kemudahandalam melaporkan prestasi tanpaterkendala waktu dan tempat.Sistem informasi lapor prestasi mahasiswa berbasis web yang dibangun memiliki fasilitas-fasilitas berupa penyimpanan data prestasi mahasiswa, pemberitaan, grafik perolehan prestasi mahasiswa per semester, dan informasi perlombaan. Hasil penelitian memberikan kemudahan bagi bidang kemahasiswaan mendapatkan informasi prestasi mahasiswa yangdisajikan dalam bentukgrafik, sehingga data tersebut dapat digunakan untukpelaporan Pemeringkatan Kemahasiswaan Kemenristekdikti dan kebutuhan lainnya.


Article metrics

Abstract views : 5 | views : 1

Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daud, N.M.N., Bakar, A.A.A., Rusli, H.M., 2010, Implementing Rapid ApplicationDevelopment (RAD) Methodology in Developing Practical Training Application System, International Symposium on Information Technology, Kuala Lumpur, Malaysia, 15 – 17 Juni2010.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hartono, Jogiyanto, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Andi, Yogyakarta.

Herlambang, Soendoro dan Haryanto Tanuwijaya, 2005, Sistem Informasi: Konsep, Teknologi, dan Manajemen, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kendall, Kenneth E. dan Julie E. Kendall, 2010, Analisis dan Perancangan Sistem, Edisi 5 Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.

Pratama, Rizky Hersya., Hakim, Abdul dan Shobaruddin. Muhammad. 2012. Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK), Elektronik Rukun Tetangga/Rukun Warga (E-Rt/Rw) Di Kelurahan Ketintang Kecamatan Gayungan Pemerintah Kota Surabaya. Jurnal Administrasi Publik (JAP). 3(12): 2128-2134.

Sandy Kosasi, 2015. Penerapan Rapid Application DevelopmentDalam Sistem Perniagaan Elektronik Furniture. Citec Journal, Vol.2, No.4 Agustus – Oktober 2015.

Vishal, P., Bairwa, A., Sweta, B., 2013, Application of the Pareto Principle in Rapid

Application Development Model, International Journal of Engineering and Technology

(IJET), Vol. 5, No. 3, Hal 2649-2654.

Wahyu Hidayat Ibrahim, Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 3, No. 2, Agustus 2017.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v4i1.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.