Sistem Pakar Diagnosa Mental Ilness Psikosis dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Graha Virgian Gustira Putri(1*)

(1) Universitas Trilogi
(*) Corresponding Author

Abstract


Sehat tidaknya kehidupan seseorang tidak hanya di dasarkan  pada fisik tetapi juga mental. Kesehatan mental dan fisik harus seimbang untuk mendapatkan kehidupan yang baik. Banyak orang tidak memperhatikan kesehatan mental mereka dan orang- orang di sekitar mereka sehingga hidup mereka tidak lagi bisa diselamatkan. Salah satu akibat dari kesehatan mental yang terganggu adalah kasus depresi, menyakiti diri sendiri(cutting) hingga bunuh diri. Mental Illness (Gangguan kesehatan jiwa) diantaranya depresi, cemas, psikosis, phobia, trauma, insomnia, dan lain sebagainya.Psikosis yaitu istilah medis yang bermakna tentang gangguam keadaan mental yang disebabkan oleh delusi atau halusinasi. Jenis jenis mental illness psikosis adalah Skizofrenia, Depresi, Bipolar, PTSD,dan Paranoia.Sayangnya ahli kejiwaan tidak sebanyaknya ahli di bidang kesehatan lainnya hal ini terbukti dengan sedikitnya rumah sakit kejiwaan yang ada di setiap daerah. Untuk memberikan pengetahuan kepada umum , dan meminimalisir tindakan yang terlambat maka perlu dibuat sebuah alat bantu. Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang psikologi.Metode certainty factor lebih cocok diterapkan untuk kasus pada diagnosis mental illness psikosis ini karena dalam menghadapi suatu permasalahan sering ditemukan jawaban yang tidak memiliki kepastian penuh. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk melakukan diagnosis gangguan mental illness psikosis yang mampu membuat suatu keputusan yang sama, sebaik layaknya seorang psikolog.


Article metrics

Abstract views : 138 | views : 74

Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (n.d.). Aplikasi sistem pakar diagnosa gangguan kejiwaan.

Wita, S. W., Arifin, S. P., Surya, I., Informatika, J. T., Komputer, P., & Riau, P. C. (2012). Metode Certainty Factor Berbasis Mobile Cellular, 1(September), 1–11.

Surbakti, J., Kardian, A. R., Informasi, S., Gunadarma, U., Informasi, S., Sti, S. J., … Kunci, K. (n.d.). Sistem Pakar Kejiwaan dengan Forward Chaining Berbasis Web.

Darmantoro, D., & Wirayuda, T. A. B. (2008). Perancangan dan implementasi sistem pakar mendeteksi tingkat depresi seseorang, 1–6.

Pujianto, A., Dessetiadi, I. T., & Ardi, M. G. (2016). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Mental Pada Anak Menggunakan Algoritma Bayes, 6–7.

Jhony, C., & Sianturi, M. (2014). Sistem Pakar Diagnosis Kejiwaan Menggunakan Metode Certainty Factor (Studi Kasus Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Sumatera Utara), 400–405.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i2.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.