Pengembangan Game Edukasi Animasi Anatomi Tubuh Dengan 3 Bahasa Untuk Anak TK Menggunakan Adobe Flash

Tri Yuliati(1*)

(1) Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelajaran bahasa merupakan pelajaran yang sangat penting dibangku sekolah, selain bahasa Indonesia ada juga pelajaran bahasa  Inggris  yang merupakan  salah  satu  bahasa  internasional  yang  sering  digunakan. Pembelajaran  bahasa  Inggris  pada  anak  sejak  dini   perlu  diajarkan agar  pada  saat mereka  dewasa  kelak  anak-anak sudah  fasih dan menguasai   bahasa  Inggris. Selain bahasa inggris ada juga bahasa arab yang juga dipelajari anak-anak disekolah TK. Oleh karena itu dengan memperkenalkan bahasa asing kepada anak-anak selain media gambar yang biasa digunakan bisa juga digunakan media pembelajaran yang menggunakan unsur multimedia yaitu ada animasi, text dan juga suara. Melalui game edukasi mengenal anatomi tubuh ini  akan  diharapkan siswa lebih  mudah mengingat  nama-nama anatomi tubuh manusia dalam bahasa Indonesia, Inggris dan juga arab. Pengenalan anatomi tubuh manusia dengan suara akan lebih mempermudah anak TK belajar dengan cara yang menyenangkan. Perancangan menggunakan UML (Unifed Modelling Languange) Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi menggunakan adobe flash CS6. Pengujian yang dilakukan menggunakan pengujian blackbox. Implementasi game dapat digunakan pada media handphone android dan desktop


Article metrics

Abstract views : 114 | views : 49

Full Text:

PDF

References


Suardi, Moh, Belajar dan Pembelajaran, CV. Budi Utama, Yogyakarta, 2018

Putri. D. I, R. R. Isnanto, K. T. Martono, Perancangan Aplikasi Multimedia untuk Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Sekolah Dasar, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 124-132, e-ISSN 2338-0403, Jan. 2016.

Ariadi.S, Heru.S, "Edugame Pengenalan Bagian-Bagian Tubuh Manusia Dengan Tiga Bahasa Berbasis Android", Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017, http://eprints.ums.ac.id/51287

Santoso, Apri, Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Berbasis Augmented Reality, skripsi, STMIK GI MDP, Palembang, 2013

Sunaryo Y. Haryo Sulistyanto, Bayupati Agung I Putu, Rusjayanthi Dwi Ni Kadek, Aplikasi Media Pembelajaran Tematik Untuk Anak Tk Berbasis Android, MERPATI VOL.3 NO. 3, ISSN : 2252-3006, p-ISSN 2252-3006, Bali, 2015

Suyanto, M. "Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing", Andi, Yogyakarta. 2003.

S. Egenfeld-Nielsen, "Overview of Research on the Educational Use of Video Game," vol. 1, pp. 184-213, August 2006.

MADCOMS, Panduan Lengkap Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CS4, Andi, Yogyakarta, 2009

Sujiono Yuliani Nurani, Sujiono Bambang, Bermain Kreatif Berbasis kecerdasan Jamak, Indeks, Jakarta 2013

Naseer, M dan G. Hasemadi, Sistem Multimedia, Andi Offset, Yogyakarta, 2013

Bambang. W, "Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya", Rineka Cipta, 2008.

Wandah. W, "Memprogram Game Flash 3D Itu Mudah", Andi, Yogyakarta, 2013.

Wahana Komputer, Membuat Game Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6, Penerbit Andi, Semarang, 2013.

Wina. S, "Kencana Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan", Jakarta, Kencana, 2006.

Evelyn. C.P, "Anatomi Dan Fisiologi Untuk Paramedis", Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Donald M. Silver, Patricia J. W, "Easy Make & Learn Projects Human Body", ISBN: 0-439-04087-6, U.S.A, 1999

A.S, Rosa, Shalahudin,M, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung. 2014.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i2.430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.