Sistem Pendeteksi Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Freeman Chain Code

Aulia Humaira(1*)

(1) Universitas Trilogi
(*) Corresponding Author

Abstract


Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat islam, yang mana didalam bacaan Al-Qur’an terdapat huruf arab yang biasa disebut dengan huruf hijaiyah. Sebagai umat islam sudah diwajibkan dapat mengenal huruf hijaiyah dan dapat membaca Al-Qur’an. Seiring dengan berkembangnya teknologi banyak dilakukan penelitian untuk pengenalan huruf dengan bantuan sistem komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah algoritma Freeman Chain Codecocok untuk mendeteksi dan mengenal huruf  hijaiyah yang ada. Berupa masukan citra huruf hijaiyah yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu, tahap Pra Pengolahan, tahap Segmentasi, lalu tahap Ekstraksi huruf hijaiyah, lalu terakhir tahap Pengenalan pola huruf hijaiyah menggunakan metodeFreeman Chain Code. Setelah melewati ke empat tahap tersebut dapat disimpulkan bahwa algoritma Freeman Chain Codetidak sepenuhnya dapat mengenal semua huruf hijaiyah karena algoritma ini hanya dapat mengenal atau mendeteksi huruf yang jelas tidak terputus/ huruf yang terdiri dari 2 pola tidak dapat di kenali jika menggunakan metode ini. Hasil membuktikan bahwa 67% huruf tidak dapat dideteksi sempurna jika menggunakanchain code, yaitu 12 huruf hijaiyah dapat dikenali sisanya 23 huruf tidak dikenali jika menggunakan algoritma Freeman Chain Code.


Article metrics

Abstract views : 132 | views : 45

Full Text:

PDF

References


Vecci, Zingaretti.1998. Fast Chain Coding Of Region Boundaries. Pattern Anal Mach. Intell. 20 (4) 407–414. IEEE Trans.

Plante, S dan J.Koplowitz. 1995. Corner Detection Of Chain code Curves Pattern Recognition 28 (6) 843–852.

N, Maulana. dan Sutojo, T.’Tanpa Tahun’. Pengenalan Pola Buah Dengan Menggunakan Algoritma Freeman Chain Code, (5), 0–5.

G, Levina. dan H, Armanto. 2015. Analisa Berbagai Jenis Huruf Komputer Menggunakan Algoritma Berbasis Chain Code Dalam Bentuk Run Length Encoding. Seminar Nasional“Inovasi Dalam Desain Dan Teknologi”. 177–185.

Riyanda, Raju. 2015. Pembangunan Aplikasi Pengenalan Aksara Arab Melayu Menggunakan Algoritma Freeman Chain Code Dan Support Vector Machine (Svm). Universitas Komputer Indonesia.

Antari, Dwi, I Made Arsa Suyadnya, dan Made Sudarma. 2015. Sistem Pengenalan Seseorang Berdasarkan Bentuk Geometri Tangan Menggunakan Metode Chain Code Dan Moment Invariant. E-Journal Spektrum 2(3).




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i2.424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.