Rancang Bangun Sistem Informasi Toko Izdiihar Laptop Berbasis Website

Wawan Herwansyah(1*), Novery Lysbetti Marpaung(2)

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Toko Izdiihar Laptop, usaha kecil dibidang perbaikan dan penjualan laptop yang memiliki beberapa kendala dalam mengelola transaksi perbaikan laptop dan data pelanggan secara manual. Salah satu masalah yang dihadapi adalah pencarian data transaksi yang tidak efisien, yang disebabkan oleh pencatatan data transaksi ke dalam berbagai catatan manual. Serta ketidakakuratan dan kurang telitinya pencatatan dapat mengakibatkan pengelolaan data yang tidak akurat dan seringkali menghasilkan kesalahan dalam pencatatan data transaksi. Penggunaan pencatatan manual pada kertas memunculkan resiko kerusakan, kehilangan, dan kelupaan dalam menyimpan kertas tersebut yang dapat merugikan pihak toko dan pelanggan. Masalah lainnya yaitu belum adanya laporan transaksi sama sekali, yang membuatnya sulit untuk memantau dengan pemasukan toko. Penelitian ini merancang sistem informasi berbasis website dengan metode prototype dan menggunakan Blackbox Testing dan Usability dalam pengujian. Hasil pengujian Blackbox menunjukkan kelancaran dalam menjalankan semua skenario yang diuji, mencapai tingkat 100% keberhasilan, menegaskan bahwa sistem layak digunakan. Pengujian usability yang melibatkan 30 responden menghasilkan kategori Excellent menunjukkan penerimaan yang sangat positif dari pengguna terhadap sistem. Dengan implementasi sistem ini, kinerja bisnis juga mengalami peningkatan dalam pemantauan keuangan yang lebih akurat, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat waktu. Kepuasan pelanggan meningkat seiring dengan penyediaan pelayanan yang lebih efisien dan akurat.


Article metrics

Abstract views : 73 | views : 12

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, 2019.

K. Kurniati, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Pengarsipan Dokumen Kantor Kecamatan Lais” Journal of Software Engineering Ampera, Vol 2, No 1, pp. 16-27, 2021.

Rusdiana, & Irfan, M, Sistem Informasi Manajemen, Bandung: Penerbit Pustaka Setia, 2014.

T. Pricillia, Zulfachmi “Survey Paper : Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak” Jurnal Bangkit Indonesia, Vol 10, No 1, pp. 6–12, 2021.

B. Sudrajat, ” Penerapan Metode Prototype Sistem Informasi Peminjaman Ruang Meeting” Jurnal Remik, Vol 5, No 2, pp. 11-15, 2021.

M. Muslihudin, Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2016.

Hasanah, F. N., & Untari, R. S, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak, Jawa Timur: Penerbit UMSIDA Press, 2020.

A. Meyliana, “Perancangan Sistem Informasi Presensi Karyawan Dengan Metode Prototype Menggunakan Fingerprint” Jurnal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol 12, No 2, pp. 1-6, 2020.

R. Aditya, V. Pratawijaya, P. Putra “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype” Journal of Information Technology and Computer Science, Vol 1, No 1, pp. 47-57, 2021.

Q. Budiman, S. Mouton, L. Veenhoff, “Analisis Pengendalian Mutu Di Bidang Industri Makanan” Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1, No 19, pp. 2185-2190, 2021.

A. Rohmadi, V. Yasin “Desain Dan Penerapan Website Tata Kelola Percetakan Pada CV Apicdesign Kreasindo Jakarta Dengan Metode Prototyping” Journal of Information System, Informatics and Computing, Vol 4, No 1, pp. 70-85, 2020.

Darmansah, Raswini “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Pedagang Menggunakan Metode Prototype Pada Pasar Wage” Jurnal Sains Komputer & Informatika, Vol 6, No 1, pp. 340-350, 2022.

K. Afifah, Z. Azzahra, A. Anggoro, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review” Jurnal Intech, Vol 4, No 1, pp. 8-11, 2022

M. Wicaksana, C. Rudianto, P. Tanaem “Rancang Bangun Sistem Informasi Arsip Surat Menggunakan Metode Prototype” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol 7, No 2, pp. 390-403, 2021.

F. Fernando “Implementasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype” Jurnal Sistem Informasi, Vol 6, No 2, pp. 66-77, 2020.

P. B. A. A. Putra, V. H. Pranatawijaya, N. N. K. Sari “Implementasi Location Based Service Pada Aplikasi Mobile Penyajian Ruang Ujian” Jurnal Sains dan Informatika, Vol 6, No 1, pp. 26-30, 2020.

M. Mulyawan, I. Kumara, I. Bagus “Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO/IEC 25010: Literature Review” Jurnal Ilmiah Teknologi Elektro, Vol 20, No 1, pp. 15-28, 2021.

M. Schrepp, User Experience Questionnaire Handbook, 2019.

M. Maricar, D. Pramana, D. Putri “Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ)” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol 8, No 2, pp. 319-328, 2021.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v8i2.3761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats