Analisis Sentimen Ulasan Toko Online Halona Beauty Care Untuk Peningkatan Layanan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes

Mutia Mustika Rani(1*), Feri Candra(2)

(1) Universitas Riau
(2) Teknik Informatika, Universitas Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi telah memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia, termasuk dalam bidang e-commerce. E-commerce memberikan kesempatan kepada pengguna untuk melakukan transaksi barang dan jasa tanpa batasan jarak dan waktu, selama pengguna memiliki akses internet. Namun, karena maraknya penipuan online, tidak jarang pelanggan ragu untuk membeli produk secara online. Hal ini membuktikan bahwa kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap niat membeli produk di e-commerce. Review dari customer akan sangat berpengaruh kepada calon pelanggan sebagai acuan tolok ukur untuk menemukan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan menganalisis review customer terhadap toko online Halona Beauty Care yang ada di shopee menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier (NBC). Hasil analisis dengan menggunakan NBC menunjukkan hasil akurasi sebesar 93%. Hasil dari sentimen positive dapat dijadikan sebagai acuan untuk menjaga kualitas layanan, sedangkan hasil dari sentimen negative digunakan sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan layanan.


Article metrics

Abstract views : 179 | views : 29

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


M. R. Picaully, “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia,” J. Manaj. Maranatha, vol. 18, no. 1, pp. 31–40, 2018, doi: 10.28932/jmm.v18i1.1094.

L. O. Sihombing, Hannie, and B. A. Dermawan, “Sentimen Analisis Customer Review Produk Shopee Indonesia Menggunakan Algortima Naïve Bayes Classifier,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 233–242, 2021, doi: 10.29408/edumatic.v5i2.4089.

Z. Ayu N. G., “Implementasi Naive Bayes Classifier dan Asosiasi Untuk Analisis Sentimen Data Ulasan Aplikasi E-commerce Shopee Pada Situs Google Play,” pp. 1–26, 2018.

F. R. Wibowo, D. S. Rusdianto, and A. Arwan, “Pengembangan Sistem Pengumpulan Promo E-Commerce Berbasis Website Dengan Menerapkan Teknik Web Scraping Dalam Proses Pengambilan Data Promo,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2887–2893, 2019.

D. D. A. Yani, H. S. Pratiwi, and H. Muhardi, “Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Situs Marketplace,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 4, p. 257, 2019, doi: 10.26418/justin.v7i4.30930.

M. Ahmad, S. Aftab, S. S. Muhammad, and S. Ahmad, “Machine Learning Techniques for Sentiment Analysis: A Review,” Int. J. Multidiscip. Sci. Eng., vol. 8, no. 3, pp. 27–32, 2017.

F. Alberto P., E. Fersini, E. Messina, and B. Liu, Sentiment Analysis in Social Networks. Todd Green, 2017.

T. N. Mahardika and H. Februariyanti, “Analisis Sentimen Ulasan Ekpedisi J&T Expres Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” Anal. Sentimen Ulas. Ekpedisi J&T Expres Menggunakan Algoritm. Naive Bayes, vol. 5, no. 1, pp. 20–29, 2022.

A. Deolika, K. Kusrini, and E. T. Luthfi, “Analisis Pembobotan Kata Pada Klasifikasi Text Mining,” J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 179, 2019, doi: 10.36294/jurti.v3i2.1077.

A. Imron, “Analisis Sentimen Terhadap Tempat Wisata di Kabupaten Rembang Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” Tek. Inform., pp. 10–13, 2019.

C. C. Anggarwal, Data Classification: Algorithms and Applications. 2015.

E. Putra, “Klasifikasi Sentimen Masyarakat Terhadap Transgender Berdasarkan Komentar di Instragram Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” 2019.

E. H. Muktafin, K. Kusrini, and E. T. Luthfi, “Analisis Sentimen pada Ulasan Pembelian Produk di Marketplace Shopee Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,” J. Eksplora Inform., vol. 10, no. 1, pp. 32–42, 2020, doi: 10.30864/eksplora.v10i1.390.

A. F. Hidayatullah and A. SN, “Analisis Sentimen dan Klasifikasi Kategori Terhadap Tokoh Publik Pada Twitter,” Semin. Nas. Inform., 2015.

A. V. Febrianti, “Analisis Sentimen Data Ulasan Pengunjung Objek Wisata Lawang Sewu Kota Semarang Pada Situs Tripadvisor,” 2020.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v8i2.3348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats