Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Penjualan Mebel sebagai Solusi Meningkatkan Pengalaman Belanja Konsumen

Aribowo Aribowo(1), Donny Avianto(2*)

(1) Universitas Teknologi Yogyakarta
(2) Universitas Teknologi Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengalaman belanja menjadi hal yang penting dalam memenangkan persaingan di era digital, di zaman yang serba canggih ini konsumen dapat melakukan pembelian produk secara online atau konsumen dapat membeli berbagai produk di mana saja, namun sering kali terjadi produk yang dibeli tersebut tidak sesuai dengan yang mereka inginkan seperti contohnya produk mebel yang tidak sesuai pada ruangan yang mereka inginkan, masalah tersebut tentu membuat konsumen merasa kurang puas ketika membeli suatu produk. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen para pelaku usaha harus melakukan inovasi dalam meningkatkan pengalaman belanja konsumen. Dalam penelitian ini dikembangkan teknologi Augmented Reality yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen dengan aplikasi untuk memvisualisasikan mebel menjadi objek 3D, untuk membuat visualisasi lebih sempurna peneliti menggunakan suatu metode yaitu markerless, metode yang dapat langsung memvisualisasikan objek 3D ke dunia nyata, sehingga konsumen dapat langsung memvisualisasikan objek 3D mebel yang diinginkan tanpa menggunakan marker. Pada penelitian ini dilakukan pengujian Blackbox dengan hasil semua fitur di dalam aplikasi dapat berjalan dengan baik secara keseluruhan. Aplikasi ini mempermudah konsumen dapat menyesuaikan objek 3D furnitur tersebut pada ruangan mereka sebelum membeli, sehingga konsumen dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan meningkatkan pengalaman belanja yang lebih interaktif.


Article metrics

Abstract views : 347 | views : 81

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


A. Sutedi, D. Tresnawati, dan R. Faiz, “Perancangan Aplikasi Promosi Katalog Mebel Menggunakan Teknologi Augmented Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, hlm. 219-227, 2022.

A. Perdana dan S. N. Anwar, “Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Visualisasi 3D Furniture Interior Dapur dengan Metode Markerless,” vol. 7, no. 7, hlm. 2548–1398, 2022.

T. Setiawan, A. Waworuntu, J. Pulomas Selatan Kav, dan J. Timur, “Pengembangan Aplikasi Visualisasi E-Catalog Furniture Menggunakan Teknologi Realitas Tertambah Berbasis Android”, vol.8, no. 1, 2022.

R. Hamonangan, S. Anwar, A. Bahtiar, Arif, dan R. Dikananda, “Inovasi Media Promosi Produk Kursi Rotan Melalui Katalog Elektronik dengan Augmented Reality”, Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 2, hlm. 51–59, 2022.

A. I. Rahmat, D. Andreswari, dan Y. Setiawan, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Buku Koleksi Benda Bersejarah Sebagai Media Informasi Interaktif dan Media Promosi (Studi Kasus : Museum Negeri Bengkulu),” vol. 16, no. 1, 2022.

H. Ashfahan, C. N. P. Dewi, dan M. M. Santoni, “Aplikasi Augmented Reality Untuk Penjualan Properti Syariah berbasis Android,” vol. 3, no. 2, hlm-876-888, 2022.

E. A. Atmanto, B. Pudjoatmodjo, dan A. Sularasa, “Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Mutiara Furniture Berbasis Android Menggunakan Metode MDLC”, vol. 7, no. 6, 2021.

Bunari, Yuliska dan A. Fikri, “Rancang Bangun Aplikasi Museum Digital Berbasis (Studi Kasus: Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau)." INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, vol. 7, no. 2, hlm 205-217, 2022.

A. Junaidi, R. Prabowo, A. Syarif, dan Y. Fazri “Implementasi Augmented Reality Furniture dengan User-Defined Target Berbasis Android,” Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 10, no. 1, hlm 64-72, 2020.

Y. Aspriyanto, A. P. Sujana, dan R. A. Rudawan “Rancang Bangun Aplikasi Informasi Pengujian Kendaraan Berbasus Augmented Reality (Studi Kasus Dinas Perhubungan Kota Jakarta).” vol 9, no.1, hlm 534-538, 2023.

A. R. Saptia, dan T. Widodo “Aplikasi Simulasi Dekorasi Rumah Menggunakan Teknologi Augmented Reality, ” 2019.

Tedyyana, Agus, et al. "Threat modeling in application security planning citizen service complaints." Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science 28.2 (2022): 1020-1027




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v8i1.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats