Sistem Layanan Mandiri Di Kantor Desa Berbasis Web

Rezki Kurniati(1*), Jaroji Jaroji(2), Agustiawan Agustiawan(3)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(3) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan Desa menggambarkan identitas Desa itu sendiri. Selama ini sistem pelayanan pembuatan surat di kantor Desa Kabupaten Bengkalis menggunakan pelayanan dalam bentuk sistem informasi manual, pelayanan dilakukan oleh seorang petugas. Beberapa permasalahan yang dihadapi dari sistem pelayanan ini seperti sulit dan lambat dalam proses pengajuan usulan surat baru, surat izin dan surat keterangan. Sementara masyarakat menginginkan pelayanan yang ramah, cepat dan efektif. Sistem layanan mandiri dapat dijadikan solusi untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat. Pada sistem layanan mandiri ini masyarakat dapat mengakses  layanan  seperti  mengurus  surat  keterangan  dan  surat  pengantar  untuk  berbagai keperluan dengan cara memasukkan atau mengetik  Nomor  Induk  Kepenedudukan  (NIK)  ke web layanan mandiri. Jika data ditemukan masyarakat bisa langsung melakukan layanan yang diinginkan. Hasilnya dari aplikasi berupa surat keterangan atau surat izin

Article metrics

Abstract views : 1904 | views : 512

Full Text:

PDF

References


Abdelaziz, Shady G., Hegazy, Abdelfatah A dan Elabbassy, Ahmed, “Study of Airport Self-service Technology within Experimental Research of Check-in Techniques Case Study and Concept” , IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 7, Issue 3, No 1

Howard, M., dan Wordboys, C., “Self-service – a contradiction in terms or customer-led choice?”, 2003, Jurnal Of CONSUMER BEHAVIOR An International Research Review, Volume 2, Issue 4 Pages 382–392.

Jaroji, J., Kurniati, R. and Agustiawan, A., 2017. Image Processing dan Artifical Neural Network Untuk Mengenali Nomor Induk Kependudukan Pada KTP Sebagai Pendukung Layanan Mandiri di Kantor Desa. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(2), pp.81-90.

Kementrian Dalam Negeri, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, Permendagri nomor 84 tahun 2015

Meuter., M.L., Roundtree, R.I., Ostrom, A.L., dan Bitner, M.J., “Self-Service Technologies: Understanding Customer Satisfaction With Technology-Based Service Encounters”., 2000., Journal Of Marketing 64(3): 50-64.

Santoso., I., Interaksi Manusia dan Komputer Edisi 2., 2019, Yogyakarta., Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i1.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats