Pemilihan Jenis Smartphone Sesuai dengan Kebutuhan Menggunakan Metode Forward Chaining dan Decicion Tree

Rival Amperawansyah(1*), Dhanny Permatasari Putri(2)

(1) 
(2) Mercu Buana University
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebutuhan smartphone untuk mendukung berbagai aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Berbagai model smartphone yang hadir di pasaran saat ini perlu dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Daya beli smartphone masyarakat Indonesia cenderung berasal dari segmen masyarakat berpenghasilan rendah yang umumnya lebih memilih untuk membeli smartphone yang berada di kisaran harga USD $100-$150 per buah, apabila dirupiahkan kisaran harga 1-3 Juta Rupiah. Pada kuartal II-2021 pengiriman smartphone di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 28% bila dibandingkan dengan kuartal II-2020. Faktor pendongkrak pertumbuhan ini adalah promosi pada saat hari besar.  Untuk sebagian orang yang tidak mengikuti perkembangan teknologi smartphone, mungkin akan kesulitan sebelum membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karna itu untuk mengetahui smartphone apa yang sesuai dengan kebutuhan dapat dilakukan dengan pembuatan sistem berbasis website bermetode Forward Chaining dan  Decision Tree. Metode Forward Chaining merupakan metode pencarian dengan penggabungan rule berdasarkan informasi untuk menghasilkan suatu tujuan. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan sebuah model smartphone yang sesuai dengan pilihan user. Dengan begitu user akan terbantu sebelum membeli smartphone.

Article metrics

Abstract views : 379 | views : 48

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Sri Wahyuning Astuti. “Hubungan Antara Pemilihan Media Konvergensi ponsel pintar Dengan Alienasi Sosial Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana”. Jurnal Promedia. 2018; no.1(4): pp. 1–16.

Muhammad Sindu Harsofi, Chaterine Lavenia, Laila Ardianisa, Uul Ulyati, Krstina Marpaung. “PKM pelatihan peningkatan usaha mikro dalam mewujudkan smart business melalui ponsel pintar di masa pandemi Covid-19”. Jurnal Pengabdian Dharma Masyarakat. 2020; vol.1(1): p. 35–40.

A. Z. Wattimena, E. R. Persulessy, M. J. Masbaitubun. “Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Kamera Ponsel Samsung Berdasarkan Persepsi Konsumen Dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scaling”. Barekeng Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. 2018; vol.12(1): p. 63.

Ruth Mariana Bunga Wadu, Rio Wirawan. “Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli, Kepuasan Konsumen dan Peluang Pasar ponsel pintar di Indonesia”. Informatika Jurnal Ilmu Komputer. 2019; vol.15(1): p. 51.

Aditya Krisna Ariyanto, Ginanjar Rahmawan. “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat Terhadap ponsel pintar Merk Cina”. Widya Manajemen. 2021; vol.3(2): pp. 117–127.

Ashri Esy Fatria, Nevrettia Christantyawati. “Pergeseran Merek ponsel pintar di Indonesia dalam Perspektif Postmodernisme”. Jurnal Studi Komunikasi. 2018; vol.2(2): pp. 256–277.

Tri Erna Suharningsih, I Gede Pasek Suta Wijaya, Ario Yudo Husodo. “Sistem Pakar Penyakit Mata Merah Berbasis Web Menggunakan Metode decision tree dengan forward chaining”. Jurnal Teknologi Informasi, Komputer dan Aplikasi (JTIKA). 2019; vol.1(1): pp. 57–64.

Kenji Suzuki. “AI: A New Open Access Journal for Artificial Intelligence”. Ai. 2020; vol.1(2): pp. 141–142.

Novianti Indah Putri, Zen Munawar. “Mekanisme umum untuk sistem kecerdasan buatan”. Computing Jurnal Informatika". 2019; vol.6(2): pp. 58–75.

D. S. Maylawati, W. Darmalaksana, M. A. Ramdhani. “Systematic Design of Expert System Using Unified Modelling Language”. IOP Conference Series Materials Science and Engineering. 2018; vol.288(1).

Firman Tempola, Saiful Do Abdullah. “Komparasi Rule Based Reasoning (RPR) dan Case-Based Reasoning (CBR) Untuk Penentuan Kelayakan Mahasiswa Penerima Beasiswa”. Jurnal PROtek 2018; vol.5(2): pp. 1-5.

Rahmi Ras Fanny, Nelly Astuti Hasibuan, Efori Buulolo. “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran forward chaining”. Jurnal Media Informatika Budidarma. 2017; vol.1(1): pp. 13–16.

Dzikry Ahmad Fauzy, Iskandar, Jepry Rahmadhan, Rinto Priambodo. “Aplikasi Bengkel Motor dengan Sistem Pakar Menggunakan Metode forward chaining”. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer). 2020; vol.9(1): pp. 89–96.

Yudhistira Arie Wijaya. “Analisa Klasifikasi menggunakan Algoritma decision tree pada Data Log Firewall Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen”. Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen (JURSIMA). 2021; vol.9(3): pp. 256-264.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v7i1.2402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats