Pengembangan Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Android Studi Kasus Puskom PSDKU Polinema di Kota Kediri

Rinanza Zulmy Alhamri(1*), Toga Aldila Cinderatama(2), Kunti Eliyen(3), Agustono Heriadi(4)

(1) PSDKU Politeknik Negeri Malang di Kota Kediri
(2) PSDKU Politeknik Negeri Malang di Kota Kediri
(3) PSDKU Politeknik Negeri Malang di Kota Kediri
(4) PSDKU Politeknik Negeri Malang di Kota Kediri
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi monitoring jaringan berbasis Android yang dapat memanfaatkan MikroTik API serta basisdata berbasis cloud Firebase. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung kepada pihak Puskom PSDKU Polinema di Kota Kediri. Analisis dan perancangan menghasilkan satu pengguna aplikasi yaitu administrator dimana dapat melakukan login, melihat log aktivitas router, melihat traffic pada interface router, dan melihat kondisi internet serta notifikasi. Pada tahap implementasi terdapat dua aplikasi yang dikembangkan meliputi aplikasi agen berbasis web dan aplikasi monitoring jaringan berbasis Android. Pada aplikasi agen digunakan library MikroTik API dan Laravel-Firebase dengan memanfaatkan fungsi setInterval agar aplikasi dapat bekerja secara repetitif. Sedangkan pada aplikasi monitoring jaringan digunakan fungsi FirebaseAuth untuk login, library Firebase untuk akses ke Firebase, dan library GraphView untuk menampilkan grafik pada aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah telah dikembangkannya aplikasi monitoring jaringan dimana Administrator dapat mengaktifkan aplikasi agen, melakukan login, melihat log aktivitas router, melihat traffic pada interface router, dan melihat kondisi internet serta notifikasi. Hasil pengujian diperoleh aplikasi berhasil berjalan 100% sesuai dengan kebutuhan fungsional yang telah dirancang dan secara kesesuaian, fungsi aplikasi 100% telah sesuai dengan kebutuhan Administrator.

Article metrics

Abstract views : 571 | views : 58

Full Text:

PDF

References


L. N. Lior, Writing for Interaction, Morgan Kaufmann, 2013.

Wahyudi dan Supini, “Monitoring dan Analisa Traffik Jaringan dengan Menggunakan MikroTik RouterOS,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 5, no. 2, pp. 269-276, 2017.

Z. Miftah, “Penerapan Sistem Monitoring Jaringan Dengan Protokol SNMP pada Router MikroTik dan Aplikasi Dude Studi Kasus STIKOM CKI,” Faktor Exacta, vol. 12, no. 1, pp. 58-66, 2019.

N. Alip, I. Fitri dan N. D. Natashia, “ Network Monitoring Sistem Data Radar Penerbangan berbasis PRTG dan ADSB,” JOINTECS, vol. 3, no. 3, pp. 127-134, 2018.

T. Habibullah dan D. Arnaldy, “Implementasi Network Monitoring System Nagios dengan Event Handler dan Notifikasi Telegram Messenger,” Jurnal Multinetics, vol. 2, no. 1, pp. 13-23, 2016.

R. S. Saputra, Hafidudin dan D. N. Ramadan, “Aplikasi Sistem Monitoring Jaringan Berbasis Website,” JETT, pp. 662-670, 2018.

G. Sterling, “Marketing Land,” 2013. [Online]. Available: https://marketingland.com/is-android-vs-chrome-a-metaphor-for-apps-vs-mobile-web-37058. [Diakses 20 Januari 2020].

A. Teddyana dan L. Wati, “Pengembangan Sistem Remote Komputer Berbasis Android,” Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 117-125, 2016.

M. Risaldi dan A. Ayuningtyas, “Simullasi Pengendalian Router Mikrotik Menggunakan Android,” COMPILER, vol. 7, no. 1, pp. 46-53, 2018.

M. I. Aulia, P. D. Kusuma dan Rumani, “Perancangan Aplikasi Android untuk Sistem Monitoring dan Prediksi Berbasis SNMP Menggunakan Metode Logistic Regression,” 2018.

Y. H. T. Assakur, M. S. Fahrudin dan Ferdiansyah, “Implementasi API Mikrotik untuk Management Router Berbasis Android Studi Kasus PT Sigma Adi Perkasa,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 92-101, 2020.

R. Dzulkarnaen dan E. Maryanto, “Pembangunan Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Mobile pada Sistem Operasi Android di DInas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung,” JOINT, vol. 1, no. 2, pp. 47-50, 2019.

M. Nashrullah dan M. A. Raher, “Aplikasi Monitoring Jaringan Komputer Berbasis Android Studi Kasus: Banyan Tree Bintan,” JAIC, vol. 2, no. 1, pp. 18-22, 2018.

D. B. Prasetyo, R. I. Miftah dan R. I. Perwira, “Implementasi Network Notification System dengan Menggunakan Teknologi Firebase Cloud Messaging (FCM) Berbasis Android,” Telematika, vol. 16, no. 2, pp. 62-72, 2019.

G. Sladic, M. Vidakovic dan Z. Konjovic, “Agent Based System for Network Availability and Vulnerability Monitoring,” dalam SISY, Subotica, 2011.

A. Meera dan S. Swamynathan, “Agent based Resource Monitoring System in IaaS Cloud,” Procedia Technology, vol. 10, pp. 200-207, 2013.

O. C. Okinyokun, J. B. Ekuewa dan S. A. Arekete, “Development of Agent-Based System for Monitoring Software Sesources in A Network Environment,” Artificial Intelligent Research, vol. 3, no. 3, pp. 62-74, 2014.

E. S. Khurniawan, L. Ahmad S. Irfan dan I. B. K. Widhiarta, “Perancangan Network Monitoring Tools Menggunakan Autonomous Agent Java,” Lontar Komputer, vol. 7, no. 2, pp. 115-121, 2016.

S. R. Ramahani, J. N. Sari, I. Lestari dan S. Susiyanti, “Pengembangan Aplikasi Monitoring Penyebaran Virus Covid-19 Berbasis Mobile Area Pekanbaru dengan Prototyping,” Inovtek Polbeng - Seri Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 37-50, 2021.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v6i2.2136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats