APLIKASI PENDIAGNOSA CEDERA LUTUT DAN SARAN FISIOTERAPINYA BERBASIS SISTEM PAKAR

Sari Iswanti(1*), Muhammad Syaifudin Dwi Korayanto(2)

(1) STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
(2) STMIK Akakom Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Cedera sering dialami oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah cedera lutut. Cedera lutut ini tidak boleh diabaikan karena akan memiliki efek secara langsung maupun jangka panjang, sehingga masyarakat dituntut untuk memahami tentang cedera lutut dan  cara mengatasinya. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk mendiagnosa cedera lutut dan memberikan saran solusinya berupa fisioterapi. Aplikasi ini adalah sebuah program komputer berbasis web dengan pendekatan sistem pakar yaitu sebuah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan pakar dalam menyelesaikan masalah tentang cedera pada lutut. Sebuah aplikasi komputer yang dapat mendiagnosa cedera lutut dan memberikan saran fisioterapinya telah berhasil dibuat.  Interaksi antara sistem dengan penggunanya dalam bentuk konsultasi dan keluarannya adalah hasil diagnosa dengan nilai kepastian yang menunjukkan derajat keyakinan terhadap   cedera lutut yang dialami dan saran fisioterapi terhadap cedera lutut yang diderita.  Nilai kepastian diperoleh dengan menggunakan metode certainty factor, sebagai metode untuk mengatasi ketidakpastian dalan sistem pakar.

 

Kata Kunci : cedera, ceirtainty factor, fisioterapi, sistem pakar

 


Article metrics

Abstract views : 190 | views : 18

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Ambarita, R. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mainboard Komputer. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 2(1).

Arniansya, R., Hidayat, N., & Dewi, R. K. (2018). Implementasi Metode Naive Bayes-Certainty Factor Untuk Identifikasi Cedera Pada Pemain Futsal. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Giarratano, J. C., & Riley, gary D. (2005). Expert System Principles and Programming (fourth). THOMSON COURSE TECHNOLOGY.

Hartati, S. (2021). Kecerdasan Buatan Berbasis Pengetahuan (H. Prasetyo (ed.); 1st ed.). Gadjah Mada University Press.

Hartati, S., & Iswanti, S. (2008). Sistem Pakar dan Pengembangannya (1st ed.). Graha Ilmu.

Iswanti, S. (2018). Alat Bantu Pengidentifikasi Tingkat Stres Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir/skripsi. INFORMATIKA UPGRIS, 4(1), 56–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/jiu.v4i1.2311

Iswanti, S., & Anggraeny, R. N. (2019). Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer. https://doi.org/10.30872/jim.v14i1.1443

Kurniawan, E. (2020). Aplikasi Multimedia Sebagai Media Informasi Interaktif Pada Program Fisioterapi Di Pedesaan. Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0, 1(1).

Muhardi, M. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Cabai Menggunakan Metode Forward Chaining Di Desa Langsat Permai: Sistem Pakar Diagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Cabai Menggunakan Metode Forward Chaining Di Desa Langsat Permai. Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), 27–34.

Panjaitan, S. P., & Putri, R. N. (2021). Penerapan Naive Bayes Untuk Mendiagnosa Cedera Kaki Pada Atlet Taekwondo. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi (JMApTeKsi), 3(1), 60–64.

Pradipta, C., Irsan, M., & Harsadi, I. (2020). Sistem Pakar Identifikasi Cedera Kaki Pada Pemain Sepak Bola Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Telepon Pintar. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(3), 262–268.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v6i2.2052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Find in a library with WorldCat Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats