Aplikasi English Teacher Sebagai Alat Bantu Belajar English Conversation Berbasis Android dengan Menerapkan Voice Recognition

Jefrizal Jefrizal(1*), Jaroji Jaroji(2), Agus Tediyana(3)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis - Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis - Bengkalis
(3) Politeknik Negeri Bengkalis - Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Intisari - Penggunaan smartphone android sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia untuk mempermudah memenuhi kebutuhan manusia. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan didunia saat ini, oleh sebab itu bahasa inggris sangat diminati oleh orang banyak, namun dalam pembelajarannya bahasa inggris dikenal rumit dan menghabiskan banyak biaya jika mengikuti  kursus,  oleh  karena  itu  dirancang  sebuah  aplikasi  belajar  bahasa  inggris  berbasis smartphone android. Dengan aplikasi english teacher yang telah tersedia memungkinkan pengguna dapat belajar bahasa inggris secara digital dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Namun belajar bahasa inggris secara manual atau dengan melakukan pengetikan rentan akan kesalahan dalam penulisan. Pada penelitian ini diusulkan aplikasi english teacher sebagai alat bantu belajar english conversation berbasis android dengan menerapkan voice recognition. Sehingga dapat menimalisir kesalahan dalam belajar percakapan bahasa inggris. Aplikasi menggunakan text to speech dan speech to text. Aplikasi dibuat dengan bahasa pemrograman java, database MySQL dan library google Text to Speech. Hasil penelitian dilakukan pengujian dengan sampel 10 orang dengan tingkat akurasi setiap percobaan adalah 95% tergantung pada pengucapan / conversation.

 

Kata Kunci: Andoid, bahasa inggris, terjemahan, voice recognition.


Article metrics

Abstract views : 209 | views : 67

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v2i2.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Find in a library with WorldCat Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats