Membangun Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Dengan Animasi Sebagai Metode Pembelajaran Sejak Usia Dini Studi Kasus TK Aisyah Brebes

Riyadi Purwanto(1*)

(1) Politeknik Negeri Cilacap Jl. Dr. Soetomo, No.1 Sidakaya Cilacap, Jawa Tengah
(*) Corresponding Author

Abstract


Intisari - Tingkat kecelakaan lalu lintas selalu meningkat pada setiap tahunnya. Salah satu faktor utama terhadap kecelakaan tersebut adalah pengemudi  yang tidak tahu rambu-rambu lalu lintas atau secara sengaja melanggar peraturan lalu lintas. Oleh sebab itu, pembelajaran tentang rambu-rambu lalu lintas harus dipelajari sedini mungkin yaitu sejak usia dini agar dapat mulai menanamkan jiwa positif terhadap penggunaan kendaraan dan rambu-rambu lalu lintas pada saat mereka tumbuh dewasa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswa usia  dini  4-5  tahun  adalah  dengan  menggunakan  media  pembelajaran  rambu  lalu  lintas  dengan animasi. Media pembelajaran ini bersifat menarik sebab didalamnya terdapat unsur suara dan video atau gambar  bergerak.  Disamping itu  media ini juga  bersifat interaktif sehingga  membuat  siswa menjadi lebih aktif dan mandiri. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran rambu lalu lintas dengan animasi yang didalamnya terdapat beberapa fungsi utama yaitu, pengenalan rambu- rambu lalu lintas, simulasi bagaimana menggunakan kendaraaan yang baik, games tentang rambu lalu lintas yang dapat menarik perhatian siswa, dan Quis yang dapat digunakan sebagai media evaluasi belajar bagi siswa. Penelitiaan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang diterapkan di TK Aisyah Brebes. Harapan kedepan media pembelajaran ini dapat diterapkan di TK lainnya.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Animasi, Rambu Lalu Lintas


Article metrics

Abstract views : 1173 | views : 301

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v2i2.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats