Implementasi Metode Forward Chaining untuk Identifikasi Penyakit Kulit dan Alternatif Penanganannya

Rohana Yola Parastika Hutasoit(1*), Rahmaddeni Rahmaddeni(2), Erlin Erlin(3), Muhammad Khairul Anam(4)

(1) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amik Riau
(2) STMIK Amik Riau
(3) STMIK Amik Riau
(4) STMIK Amik Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu penyakit yang sangat sering menjangkiti manusia adalah penyakit kulit. Hal tersebut terjadi karena kulit adalah bagian terluar tubuh, sehingga kuman, bakteri dan kotoran sangat mudah menempel pada kulit dan menyebabkan penyakit. Namun, mengetahui jenis penyakit kulit dan bagaimana cara penanganannya bukanlah hal yang mudah, sementara untuk konsultasi atau berobat ke dokter pakar atau ahli kulit pastinya membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, keterbatasan waktu dan tempat juga membuat penderita penyakit kulit sulit untuk berkonsultasi atau berobat. Oleh karena itu, aplikasi mobile dirancang untuk membantu mengidentifikasi penyakit yang diderita menggunakan forward chaining. Penyakit yang dapat diidentifikasi pada aplikasi ini adalah eksim, scabies, psoriasis dan tinea. Selain mengidentifikasi penyakit, aplikasi ini juga memberikan alternatif penanganan sehingga pengguna dapat melakukan alternatid tersebut untuk mengatasi penyakit yang diderita. Sebelum penelitian ini dilakukan, penulis telah berdiskusi dengan spesialis kulit yang merupakan seorang dokter poli kulit dan kelamin di Rumah Sakit Awal Bross Panam Pekanbaru. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi mobile untuk membantu penggunanya dalam mengidentifikasi penyakit kulit dan memberikan alternatif penanganan sehingga pengguna dapat menghemat biaya, waktu dan tempat. Nilai akurasi hasil penelitian ini adalah 90%, presisi 100% dan spesifikasi 100%.


Article metrics

Abstract views : 458 | views : 119

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


R. S. Suhartanto, C. Dewi, and L. Muflikhah, “Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation untuk Mendiagnosis Penyakit Kulit pada Anak,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 7, pp. 555–562, 2017.

F. Nuraeni, Y. H. Agustin, and E. N. Yusup, “Aplikasi Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Menggunakan Metode Forward Chaining Di Al Arif Skin Care Kabupaten Ciamis,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Dam Multimed., pp. 6–7, 2016.

D. D. Putri, M. T. Furqon, and R. S. Perdana, “Klasifikasi Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Binary Decision Tree Support Vector Machine (BDTSVM) (Studi Kasus: Puskesmas Dinoyo Kota Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 5, pp. 1912–1920, 2018.

A. R. Putra, “Naskah publikasi sistem identifikasi penyakit kulit manusia menggunakan metode forward chaining proyek tugas akhir,” 2019.

Yasmiati, “Sistem pakar diagnosis penyakit pada perokok dengan metode forward chaining berbasis web,” 2017.

P. Sokibi, R. T. Subagio, and D. C. Natalie, “Implementasi Sistem Pakar Dalam Menentukan Jenis Perawatan Kulit Wajah Menggunakan Metode Forward Chaining,” Smatika J., vol. 9, no. 2, pp. 65–72, 2020.

I. H. Santi and A. I. Septiawan, “Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Dalam Diagnosa Penyakit Kulit,” Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 1–12, 2018.

Indrawati and L. Rozanna, “Sistem Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making,” J. Reaksi (Jurnal Sci. Technol., vol. 15, no. 1, pp. 12–15, 2017.

Viviliani and R. Tanone, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit pada Bayi dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android,” vol. 5, no. April, pp. 1–13, 2019.

N. I. Kurniati, R. R. El Akbar, and P. Wijaksonoc, “Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto pada Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Autisme Pada Anak,” Innov. Res. Informatics, vol. 1, pp. 21–27, 2019.

B. F. Yanto, I. Werdiningsih, and E. Purwanti, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Anak Bawah Lima Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 1, p. 61, 2017.

M. Zulfadhilah and N. Hidayah, “Jurnal Edik Informatika,” vol. 6, no. 1, 2019.

S. Surahman and E. B. Setiawan, “Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan,” vol. VIII, no. 1, 2017.

E. Maiyana, “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa,” J. Sains dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 54–65, 2018.

J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,” An Nabighoh J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs. Arab, vol. 14, no. 1, p. 129, 2018.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming ( XP ) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” J. Inovtek Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 2, pp. 297–307, 2020.

A. A. A. Makiolor, A. Sinsuw, and X. B.N. Najoan, “Rancang Bangun Pencarian Rumah Sakit, Puskesmas dan Dokter Praktek Terdekat di Wilayah Manado Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, 2017.

I. P. Astuti, I. Hermadi, A. Buono, and K. H. Mutaqin, “Rancang Bangun Sistem Pakar Penanggulangan Penyakit Kedelai,” Inform. Pertan., vol. 25, no. 1, p. 117, 2016.

D.P.Caniago and J.Santony, “Akurasi Mendeteksi Penyakit Kulit Menular menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor,” vol. 2, no. 2, pp. 200–210, 2020.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v6i1.1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Find in a library with WorldCat Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats