Perancangan Ujian Online Menggunakan Model Computer Based AssesmentBerbasis Client-Server (Studi Kasus : SMA PGRI Kota Payakumbuh)

Devit Satria(1*), Lidya Wati(2)

(1) Dosen Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
(2) Dosen Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Intisari - Selama ini ujian yang dilakukan secara komputerisasi belum berjalan dengan optimal. Belum adanya pengelolaan dan penstrukturan dalam melaksanakan ujian berbasis komputer membuat kebanyakan guru di sekolah enggan untuk meimplementasikan ujian dengan komputer. Oleh karena itu  timbul  ide  mengembangkan  Ujian  Online  berbasis  client-server  yang     akan  memberikan kemudahan terutama untuk guru mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kevalid,  kepraktisan dan efektifitas dalam penerapan Ujian Online agar layak digunakan di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan Instruksional Development Institute (IDI).Perancangan Ujian Online menggunakan model CBA (Computer based Assesment). Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa Ujian Online ini mempunyai kevalidan, praktis, dan efektif untuk  dimanfaatkan  sebagai  media  ujian  yang  diuji  cobakan  di  kelas  kelas  XII  IPA.  Proses penggunaan yang mudah, baik bagi guru maupun siswa dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi waktu dalam proses pemeriksaan ujian dan pelaksanaan sehingga ujian akan mudah dilaksanakan, menarik dan menyenangkan bagi siswa.

 

Kata kunci - Ujian Online, Client-server, Penilaian Berbasis Komputer


Article metrics

Abstract views : 509 | views : 134

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v1i1.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats