Penerapan Business Model Canvas Dalam Membangun Web Commerce (Studi Kasus Toko Pusatsneakers_Jkt)

Lazuardi Angga Saputra(1), Samsinar Samsinar(2*)

(1) Universitas Budi Luhur
(2) Universitas Budi Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


Electronic Commerce merupakan suatu kegiatan penjualan dan pembelian produk barang atau jasa dengan menggunakan jaringan internet dan komputer. Masalah yang dapat ditemui dan kendala yang dihadapi seperti kurangnya media pemasaran untuk memasarkan produk sepatu pada toko Pusat Sneakers Jakarta. Transasksi penjualan yang terkadang tidak tercatat oleh penjual karena bukti transaksi hanya menggunakan media gambar via Whatsapp. Oleh karena itu penulis membangun website penjualan secara online berbasis e-commerce dengan menerapkan Business Model Canvas yang akan digunakan untuk menganalisis model bisnis Pusat Sneakers Jakarta. Penelitian ini menghasilkan peningkatan pada produk sepatu dan mempermudah dalam proses pemesanan, sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan dari segi penjualan serta pemesanan produk sepatu. Dalam penerapan Business Model Canvas pada toko PusatSneaker_JKT ini diharapkan dapat menggambarkan manajemen usaha yang akan dilakukan dan bagaimana Keluaga manajemen usaha toko PusatSneaker_JKT akan dokumentasi dalam sebuah business model Canvas


Article metrics

Abstract views : 968 | views : 118

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Maymunah, “Perancangan Website E-Commerce Penjualan Kripik Pisang Pada Wira Usaha Mandiri Pardasuka,” Prociding KMSI 2014, 2014, pp. 23–27.

S. M. Maulana, H. Susilo, and Riyadi, “Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, Desember 2015.

R. P. Hastanti, B. E. Purnama, and I. U. Wardati, “Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan,” Jurnal Bianglala Inform., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, September 2015.

E. Pujastuti, W. W. Winarno, and Sudarmawan, “Pengaruh E-Commerce Toko Online Fashion Terhadap Kepercayaan Konsumen,” Citec Journal, vol. 1, no. 2, pp. 139–153, Februari 2014.

R. Saputra, “Desain Sistem Informasi Order Photo Pada Creative Studio Photo Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic .Net 2010,” Jurnal Momentum, vol. 17, no. 2, pp. 86–93, Agustus 2015.

S. T. Faulina, “Sistem Informasi Penjadwalan Petugas Sholat 5 Waktu Dan Jum ’ At Pada Masjid Jami ’ Hujjatul Islam Berbasis Web Mobile,” Jusim, vol. 1, no. 1, pp. 53–62, Desember 2016.

R. Gusriva, “Analisa Dan Perancangan Berorientasi Objek Pada Website Rencana Pengembangan Pendidikan Dasar Kota,” Jurnal KomTekInfo, vol. 4, no. 2, pp. 204–213, Desember 2017.

Wulandari and S. Aprilia, “Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu,” Jurnal TAM ( Technology Accept. Model., vol. 4, Juli 2015.

Z. Zamzuri, T. Wicaksono, and S. Karim, “Workshop Business Model Canvas untuk Analisa Bisnis Komprehensif,” Jurnal Panrita_Abdi, vol. 2, no. 2, pp. 105–112, Oktober 2018.

D. F. Ariefni and M. B. Legowo, “Penerapan Konsep Monitoring Dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa Di Perbanas Institute Jakarta,” Jurnal Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 3, pp. 422–432, Desember 2018.

S. P. Suryanto, T. J. Pattiasina, and A. Soetarmono, “Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata),” Teknika, vol. 6, no. 1, pp. 7–18, November 2017.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v5i1.1320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats