PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN BARBAR WAREHOUSE

Ade Fitria Lestari(1*), M Hafiz(2)

(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(2) STMIK Nusa Mandiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Dunia bisnis para pelaku usaha saling bersaing dalam berinovasi dan melakukan strategi untuk menarik pelanggan guna meningkatkan penjualan. Barbar Warehouse merupakan sebuah retail online yang menjual produk fashion, kebutuhan bayi seperti popok, seprei untuk kebutuhan para pelanggan. Barbar Warehouse sendiri mempunyai 5 toko yang terdaftar dalam  marketplace Zilingo.com. Strategi Barbar Warehouse sebagai retail online melakukan pembelanjaan dalam 3 bulan sekali, dalam waktu tersebut Barbar Warehouse menerima total pesanan sebesar 42.555 dari 5 toko yang terdaftar. Data transaksi penjualan setiap harinya selalu bertambah, semakin banyak data transaksi tersimpan menyebabkan penyimpanan data menjadi besar. Data transaksi penjualan dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi dalam meningkatkan penjualan produk. Barbar Warehouse memerlukan sebuah metode untuk menganalisa pangsa pasar melalui pola penjualan untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam membeli barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mining algoritma apriori pada data penjualan Barbar Warehouse dalam 3 bulan dan diolah menggunakan Rapid Minner. Hasil pengolahan data dengan Rapid Minner menunjukkan bahwa penjualan produk yang paling banyak terjual yaitu pada kategori beding (seprei) dan watches ( kacamata).

Article metrics

Abstract views : 3386 | views : 821

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


J. Alvonco, Practical Communication Skill. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2014.

A. Nursikuwagus and T. Hartono, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 701, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i2.784.

J. L. Putra, M. Raharjo, T. A. A. Sandi, R. Ridwan, and R. Prasetyo, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Pada Perusahaan Retail,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 85–90, 2019, doi: 10.33480/pilar.v15i1.113.

W. A. I. Purnia, Dini Silvi, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori,” IJCIT, vol. 2, 2017.

N. Lestari, “Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi Penjualan,” J. Edik Inform., vol. 2, 2017.

N. E. Putria, “Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel,” Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 6, no. 1, pp. 29–39, 2018, doi: ISSN: 2337-8794.

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.41.

Amrin Amrin, “Data Mining Dengan Algoritma Apriori untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola Pembelian Pupuk,” Paradigma, vol. XIX, no. 1, pp. 74–79, 2017, doi: https://doi.org/10.31294/p.v19i1.1836.

A. -, F. Marisa, and D. Purnomo, “Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2016, doi: 10.31328/jointecs.v1i1.408.

H. Toivonen, “Apriori Algorithm,” in Encyclopedia of Machine Learning and Data Mining, 2017.

S. A. Sanjani, Fahmi Hasanul, “Implemantasi Data Mining Penjualan Produk Pakaian Dengan Algoritma Apriori,” IJAI, vol. 4, 2019.

A. E. Destiyati, OriskySitra Arifah, “ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA HASH BASED PADA MARKET BASKET ANALYSIS DI APOTEK UAD,” Anal. PERBANDINGAN Algoritm. APRIORI DAN Algoritm. HASH BASED PADA Mark. BASKET Anal. DI Apot. UAD, vol. 3, 2015, doi: 10.12928/jstie.v3i1.2896.

V. Kotu and B. Deshpande, Data Science Concepts and Practice. 2019.

H. Noviandri and Sarwandi, Microsoft Office 2016 untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2017.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v5i1.1317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats