APLIKASI PENDATAAN SEBARAN KERIS NUSANTARA BERBASIS WEB DENGAN STUDI KASUS : PAGUYUBAN TOSAN AJI DAN KERIS PANJI JOYOBOYO

Fery Sofian Efendi(1*), Toga Aldila Cinderatama(2), Fariez Ilham Alviansyah(3)

(1) PSDKU Polinema Kediri
(2) PSDKU Polinema Kediri
(3) PSDKU Polinema Kediri
(*) Corresponding Author

Abstract


Keris merupakan salah satu hasil kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, dan sudah diakui UNESCO sebagai Karya Agung Budaya Dunia pada tanggal 25 Nopember 2005. Sebagai penanda budaya Indonesia yang sarat akan nilai, pengetahuan dan kearifan, sudah seharusnya bangsa Indonesia terus melestarikan Keris tersebut. Sebagai identitas nasional, terdapat dua makna yang terkandung dalam Keris Indonesia yaitu pertama Keris merupakan produk yang bernilai ekonomi yang artinya Keris memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas keris di Indonesia. Kedua, Keris merupakan produk budaya yang di dalamnya terkandung beragam pengetahuan dan kearifan tradisional yang perlu dilestarikan sebagai salah satu kekayaan bangsa. Penelitian ini menjadikan keris sebagai obyeknya yaitu dengan membuat sebuah aplikasi pendataan sebaran keris nusantara dengan menggunakan studi kasus paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada komunitas keris pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya untuk memberikan gambaran informasi dari persebaran keris, jenis, pemilik dan kekhususan masing-masingnya sebagai salah satu sarana untuk terus melestarikan budaya bangsa Indonesia yang juga sudah diakui oleh dunia. Hasil dari penelitian ini adalah telah berhasil dirancang dan dibuat sebuah aplikasi sistem informasi persebaran keris nusantara untuk menampilkan data pemilik, jenis, dan data detail dari masing-masing keris khususnya pada studi kasus yang diambil yaitu pada wilayah Kediri, Jawa Timur.

 


Article metrics

Abstract views : 23 | views : 3

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)


DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v5i1.1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Find in a library with WorldCat Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats