Slipper Mouse Sebagai Alat Bantu Penyandang Disabilitas

Hanum Arrosida(1*)

(1) Politeknik Negeri Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Mouse merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat masukan yang sangat penting. Mouse umumnya diletakkan di sebelah kanan dari pengguna, dioperasikan dengan tangan kanan. Hal ini menimbulkan berbagai kesulitan bagi beberapa golongan pengguna. Kesulitan yang pertama terdapat pada pengguna komputer bagi penyandang disabilitas, terutama disabilitas fisik pada bagian tangannya. Ketidakmampuannya dalam menggenggam dan mengoperasikan mouse seringkali menjadi halangan dalam mengoperasikan komputer secara berkala. Bahkan tidak jarang dari mereka meletakkan mouse lebih dekat dengan lantai sehingga dapat terjangkau oleh kaki. Hal ini menunjukkan bahwa desain mouse yang diperuntukkan bagi tangan manusia belum sempurna apabila dioperasikan dengan kaki. Oleh karena itu, Slipper mouse sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan penyandang disabilitas. Alat ini dirancang khusus untuk dapat dioperasikan dengan kaki. Didesain menyerupai sandal yang bersifat portable, bekerja dengan cara memberikan aksi pergerakan sudut kemiringan kaki terhadap mouse. Mouse ini dilengkapi dengan sensor optik dan MPU-6050 sebagai komponen utamanya. Prinsip kerja dari sistem ini yaitu aplikasi VB_MPU-Optic pada komputer akan menerima data sudut dan koordinat yang dikirim dari mouse melalui komunikasi wireless HC-05. Hasil dari penelitian ini adalah mouse dapat berfungsi mengendalikan fitur seperti pergerakan kursor, klik kanan, klik kiri, scroll up dan scroll down.

 


Keywords


mouse, komputer, disabilitas fisik, wireless

Article metrics

Abstract views : 46 | views : 0 | views : 3

Full Text:

Untitled PDF

References


World Health Organization. (1980). International Classification of Impairments, Disabilities, and Handicaps. WHO, 207.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Republik Indonesia. (2014). Penyandang Disabilitas Pada Anak. InfoDATIN, 8.

International Labour Organization. (2013). Inklusi Penyandang Disabilitas di Indonesia. www.ilo.org, 4.

Fauzan dkk. (2010). Inovasi Mahasiswa Amikom Dalam Expo Inovation Hardware Software. Yogyakarta: Universitas AMIKOM.

Ortiz dkk. (2016). Microcontroller based Foot-Operated Mouse using a Sensor Pad as an Alternative to a Conventional Mouse. IEEE, 4.

Devita dkk. (2018). Difable Care (DC) Mouse Sebagai Aksesibilitas Penyandang Tunadaksa Cacat Tangan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v4i1.2518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats